PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VII

Main Article Content

I.M.W. Arigunawan
I.N. Sukajaya
I.P.P. Suryawan

Abstract

Dalam penelitian ini sudah dikembangkan media pembelajaran matematika berbasis game edukasi pada pokok bahasan bilangan bulat bernama “Operasi Matematika - Robot dan Boneka”,  yang dirancang untuk pemain tunggal. Tujuan dari pengembangan media adalah  mengetahui  rancang bangun, implementasi, dan kevalidan dari media pembelajaran matematika berbasis game edukasi pada pokok bahasan bilangan bulat. Pengembangan menggunakan aplikasi Construct 2 dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate), tetapi dalam penelitian hanya sampai pada tahap ketiga yaitu develop, dan belum dilakukan uji coba terbatas karena keterbatasan keadaan, biaya, tenaga, dan waktu. Pengujian terhadap produk difokuskan hanya pada validitas saja yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Analisis terhadap hasil pengujian dilakukan  secara  deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor kevalidan media pembelajaran dari ahli media sebesar 4,17 dan ahli materi sebesar 4,5 dengan kriteria sangat valid. Dengan memenuhi kriteria valid, media pembelajaran berbasis game edukasi layak untuk dilanjutkan ke tahap uji coba terbatas.

Article Details

Section
Articles

References

Clark, D. (2006). Games and E-Learning.
Diambil dari www.caspianlearning.co.uk/Whtpca spiaan-games_1.1.pdf
Damar Jati, W. (2018). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Matematika “Senja Bilbul (Senang Belajar Bilangan Bulat)” Berbasis Android Sebagai Penerapan Edupreneurship. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Hartanto, A. (2018). Making Indonesia 4.0.
Diambil dari http://kemenperin.go.id/download/18 384
Hurd, D., & Jenuings, E. (2009).
Standarized Educational Games. Ratings: Suggested Criteria.
Mahendra, I. N. A. (2016). “Pengembangan Multimedia Berbentuk Game Edukasi pada Sub Pokok Bahasan Refleksi dan Translasi di Sekolah Menengah Pertama”,Tugas Akhir (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Musfiqon, H. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Nieveen. (1999). Principles and Methods of Development Reserch. The Netherlands: University of Twente.
Pujirianto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Thiagarajan, Sivasalilam, Melvyn I. Semmel, & Dorothy I. Semmel. (1974).
Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Diambil dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED09 0725.pdf
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: Diktat kuliah.