PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MATHLET GEOGEBRA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL UNTUK SISWA KELAS VII

Main Article Content

I.W. Wiana
G. Suweken
I.G.P. Sudiarta

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan software GeoGebra untuk materi persamaan linier satu variabel siswa SMP kelas VII. Media yang dikembangkan berupa Mathlet GeoGebra yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik Mathlet GeoGebra berbasis software GeoGebra dengan materi persamaan linier satu variabel untuk siswa SMP kelas VII dan untuk mengetahui validitas ahli terhadap Mathlet GeoGebra yang dikembangkan untuk siswa SMP kelas VII. Prosedur pengembangan media ini menerapkan model penelitian 4D (define, design, develop, dan disseminate) namun hanya sampai pada tahap develop. Kelayakan media dinilai oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran ini “Valid” dan merekomendasikannya untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba terbatas untuk media dilakukan terhadap empat orang siswa SMP kelas VII, dari pengamatan uji coba tersebut siswa termotivasi dan antusias belajar dengan menggunakan Mathlet GeoGebra sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari hasil tersebut bahwa Mathlet GeoGebra dapat digunakan dan direkomendasikan sebagai media pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Euis Eti Rohaeti, Martin Bernard, Chandra Novtiar. (2019). "Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended". Supremum.www.journal.unsika.ac.id (diakses pada 15 Januari 2020).
Ekawati, Aminah (2016). "Penggunaan Software GeoGebra dan Microsoft Dalam Pembelajaran Matematika". Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2.www.jurnal.stkipbjm.ac.id (diakses pada 15 Januari 2020).
Farihah, Umi (2015). "Pengaruh Program Interaktif GeoGebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus". www.digilib.iain-jember.ac.id (diakses pada 15 Januari 2020)
Gede Suweken (2012). "Pengembangan Mathlet Matematika Eksploratif untuk Meningkatkan Kopetensi Matematika Siswa SMP Kelas VIII di Singaraja". https.ejournal.undiksha.ac.idindex.phpJSTarticleview6040. (diakses pada 5 April 2020)
Hohenwarter, M., et al. (2008). "Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra". http://www. publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf. (diakses pada 15 Agustus 2020)
John Nesbit, Karen Belfer, and Tracey Leacock. (2009). "Learning Object Review Instrument (LORI)". Educational Technology and Society. (diakses pada 20 Juli 2020)
Mohammad Irfandi, Darwan, Arif Muchyidin (2014). Pengaruh Penggunaan Software GeoGebra Terhadap Pemahaman konsep siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Al-tarbiyah.Volume 27.www.academia.edu (diakses pada 15 Januari 2020).
Marini Oktaria, Akhmad Kairil Alam, Sulistiawan (2016). "Penggunaan Mathlet GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII”. Kreano.www.journal.unnes.ac.id (diakses pada 15 Januari 2020).
Musfiqon, H. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Putri Meliana, Ika Krisdiana, Reza Kusuma Setyansah (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan GeoGebra pada Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang". http.prosiding.unipma.ac.idindex.phpPSNPMarticleview615. (diakses pada 5 April 2020)
Pery, Z. (2015). Pengembangan Instructional Video Berbasis Multimedia Untuk Materi Sistem Koordinat. Dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (hlm. 85-94). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo. ISBN : 978.602.361.002.0.
Rifaatul Mahmudah, Abdur Rahman As’ari, Sisworo. (2018). "Penggunaan Bahan Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa". Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Volume 2 Nomor 1. http://journal2.um.ac.id/indes.php/jkpm. (diakses pada 8 Februari 2020)
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali press.
Sanaky, H. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sudjana, N dan Rivani A. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syafitri, Qurnia. (2017). "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra di SMP Negeri 23 Bandar Lampung". http. prepository.redenintan.ac.id3210. (diakses pada 5 April 2020)
Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajara.
Wulandari, Rini. (2015). "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan GeoGebra dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Penenmuan Terbimbing (Guided Discovery) pada Materi Persamaan Lingkaran untuk Siswa SMA Kelas XI". http.eprints.uny.ac.id201211. (diakses pada 5 April 2020)