PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Isi Artikel Utama

N.P.Y. Handayani
I.G.N. Pujawan
I.G.P. Sudiarta

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif untuk materi aritmatika sosial kelas VII SMP. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan diberi nama “MEDASOL” yang merupakan akronim dari Media Aritmatika Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran interaktif aritmatika sosial berbasis Articulate Storyline 3 dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMP kelas VII, dan (2) untuk mengetahui validitas media pembelajaran interaktif aritmatika sosial berbasis Articulate Storyline 3 dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMP kelas VII. Prosedur pengembangan media ini menerapkan model penelitian 4D (define, design, develop, dan disseminate) namun hanya sampai pada tahap defelop. Media ini dirancang dengan memiliki beberapa konten diantaranya, yaitu materi, latihan, dan kuis. Validitas media dinilai oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi. Hasil penilaian ahli media dengan skor 23 dengan kriteria “Baik”, dan hasil penilaian ahli materi dengan skor 49 dengan kriteria “Sangat Baik”. Kesimpulannya media pembelajaran Aritmatika Sosial valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan aritmatika sosial.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adib, Muhamad. 2020. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 Pada Pelajaran Matematika Materi KPK dan FPB”. Tesis (Tidak diterbitkan). Program Pasca sarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Angga Pratama, Ryan. 2018. “Media Pembelajaran berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan”. Dalam Dimensi Vol. 7 No.1 : 19-35.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Ave, G. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Sistem Koordinat Berbasis Game Flash Untuk Siswa Kelas VIII SMP”. Skripsi (Tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Adipurnomo, H. 2006. Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional.
Hamdani. 2011. Strategi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Media.
Heryani. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis GeoGebra pada Pokok Bahasan Pecahan untuk Siswa Kelas IV SD”, Tugas Akhir ( tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Jihad, Asep. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.
John Nesbit, Karen Belfer, and Tracey Leacock. 2009. “Learning Object Review Instrument (LORI)”, www.academia.edu. (diakses pada 20 Juli 2020)
Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Oemar, Hamalik. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pery, Z. 2015. “Pengembangan Instructional Video Berbasis Multimedia Untuk Materi Sistem Koordinat”. Dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (hlm. 85-94). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Syafitri, Qurnia. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra di SMP Negeri 23 Bandar Lampung”, http. prepository.redenintan.ac.id3210. (diakses pada 5 Juli 2020)
Wulandari, Rini. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan GeoGebra dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) pada Materi Persamaan Lingkaran untuk Siswa SMA Kelas XI”, http.eprints.uny.ac.id201211. (diakses pada 5 April 2020)
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Rusman. 2015. Pembelajaran Berbentuk Teknolog Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanaky, H. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Supriyanto, A. 2016. “Kolaborasi Konselor, Guru, dan Orang tua Untuk Mengembangkan Kompetensi Anak Usia Dini Melalui Bimbingan Komperensif”. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 4 (1): 1–8.
Sudjana, N dan Rivai A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). “Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan.” Singaraja: Undiksha.
Widoyoko, S. E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta; Pustaka Belajar.
Zulkadi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.