PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SMA KELAS X

Main Article Content

N.K.S.D. Arsitawati
I.G.P. Suharta
M. Juniantari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media komik matematika berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa SMA Kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Media komik ini dikembangkan berdasarkan pokok bahasan trigonometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X. Pengembangan media komik matematika ini mengunakan sebagian dari model four-D (4D), yaitu: (1) pendefinisian (define); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (development); dan (4) penyebaran (disseminate). Proses menggambar/sketsa dilakukan pada buku sketsa berukuran kertas A4. Komik dibuat dalam beberapa tahap mulai dari pembuatan sketsa secara manual, proses penebalan menggunakan tinta, kemudan hasil tersebut diolah dengan scanning. Media komik berbasis pendidikan karakter ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan karakteristik siswa. Validitas media komik matematika ini didasarkan atas pendapat validator. Pada instrumen validasi, ahli materi dan ahli media menggunakan skala 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik dinyatakan valid dengan rata-rata total yang didapatkan yaitu 3,5. Hasil rata-rata total tersebut masuk dalam interval X ≥ 3.00 dengan nilai A. Maka, media komik matematika berbasis pendidikan karakter ini dinyatakan valid dan sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. 

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. 2 ed. Jakarta: PT Bumi Aksara.
BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press. Singaraja: Undiksha Press.
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Jakarta: SIARAN PERS Nomor: 397/Sipres/A5.3/XII/2019.
Dahar, R.W. 1998. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dian. (2012). Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Education. https://www.slideshare.net/Interest_Matematika_2011/dian-haryadi. Diakses pada 1 Oktober 2019
Dienna. (2000). KELEBIHAN KOMIK DALAM PENDIDIKAN. Artikel (tidak diterbitkan). University of Malaysia Sabah (hlm 17–19).
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan Sastra Negara “Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI)”. Terampil, Vol 3, Nomor 3, Desember 2014. Diakses pada tanggal 30 mei 2020 darisitus http://ejournal.iainradenintan.ac.id/index.php/trmpl/article/view/567
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
Mariyanah, N. (2005). Efektivitas Media Komik dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Geografi Pokok Bahasan Perhubungan dan Pengangkutan (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II SMP N I PEGANDON KABUPATEN KENDAL). Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Semarang
Masdiono, T. (1998). 14 Jurus Membuat Komik. Jakarta: Creativ Media.
McCloud, S. (2008). Reinventing Comics (Mencipta Ulang Komik). Kepustakaan Populer Gramedia.
McLuhan. (1976). Media Research: Technology, Art and Communication. New York: The Netherlands under license by G+B Arts International.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rajawali Pres, 2010), h. 152
Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Nieveen. (1999). Prototype to reach product quality. Dalam Van den Akker, J., Approaches and tools in educational and training. Jurnal Kreano. Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Volume 3 Nomor, 1. (hlm 126–135)
Pujirianto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Ramdani, Y. (2012). Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 13, Nomor 1. (hlm 48-49).
Riska Dwi Novianti, S. (2010). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan.Volume 1, Nomor 1.
Rusman. (2016). Model—Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanaky. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense-making in Mathematics. In D. Grouws (Ed.), Handbook Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: MacMillan.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h. 180
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo. (2012). Pendidikan Karakter Serta Pengembangan Berfikir Dan Disposisi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Matematika (tidak diterbitkan).
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education: University of Minnesota.
Winkel, Psikologi Pembelajaran dan Evaluasi Belajar, (Jakarta: Gramedia, 1983), h. 30
Winkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta: Grasindo, 1996), h. 4
Yudrik Jahja, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013), h. 63
Zakky. (2018). Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Diakses 1 Oktober 2019, dari ZonaReferensi.com website: https://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/
Zeila, W. Z. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbantuan Komik Pop Up dengan Model Problem Based 74 Instruction (PBI) Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan MIPA. Universitas Jember.