ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Main Article Content

T.L. Situmorang
L.R. Pangaribuan
A.S. Situmorang

Abstract

Identifikasi latar belakang masalah dari penelitian ini adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal tentang barisan dan deret menggunakan teori Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan siswa kelas VII SMP Mulia Pratama Medan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi barisan dan deret berdasarkan metode analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian ini yang melibatkan seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 54 siswa. Hasil yang diperoleh pada soal nomor 1, kesalahan membaca sebesar 0,00%, kesalahan memahami 0,00%, kesalahan tranformasi 0,00%, kesalahan keterampilan proses 5,56% dan kesalahan penulisan jawaban 9,26%. Pada soal nomor 2 kesalahan membaca 0,00%, kesalahan memahami 1,85%, kesalahan transformasi 1,85%, kesalahan keterampilan proses 5,56%, kesalahan penulisan jawaban akhir 13,11%. Pada soal nomor 3, kesalahan membaca 0,00%, kesalahan memahami 16,67%, kesalahan transformasi 57,42%, kesalahan keterampilan proses 50,00%, kesalahan penulisan jawaban akhir 40,74%. Pada soal nomor 4, kesalahan membaca 0,00%, kesalahan memahami 42,59%, kesalahan transformasi 33.33%, kesalahan keterampilan proses 44,44%, kesalahan penulisan jawaban akhir 38,89%. Pada soal nomor 5, kesalahan membaca 0,00%, kesalahan memahami 59,26%, kesalahan transformasi 75,93%, kesalahan keterampilan proses 79,63%, kesalahan penulisan jawaban akhir 73,07%. Hal ini menunjukan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa sangat beragam, pada soal yang tergolong mudah, sebagaian besar hanya melakukan penulisan jawaban akhir, sedangkan pada soal yang tergolong sulit, sebagian besar siswa melakukan kesalahan keterampilan proses. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa masih cukup banyak siswa kelas VII SMP Mulia Pratama Medan yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal cerita pada materi barisan dan deret

Article Details

Section
Articles

References

Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713

Angela, F., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Peluang Empirik Dan Teoretik Pada Siswa Kelas Viii Smp Di Kabupaten Siak. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 15. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7692

Dewi, N. L. P. S. (2020). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Virus dengan Pembelajaran Flipped Classroom berbantukan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 47. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.922

Fatahillah, A., Wati N.T., Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaggolding Yang Diberikan. Procediamath, 8(1), 40–51. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406

Handayani, J. P., Barisan, M., & Deret, D. A. N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Aritmatika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 160-168. https://doi.org/10.33087/phi.v4i2.111

Nur, N., Rusli, & Dassa (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Issues in Matematics Education, 2(1), 43-48. http://eprints.unm.ac.id/9944

Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Barisan Dan Deret Dengan Langkah-. Yana Pirmanto,Muhamad Farid Anwar, Martin Bernard, 3(4), 371-384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384