PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA DISERTAI ASSESMEN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER

Isi Artikel Utama

I.A.K. Suryani
I.M. Ardana
I.G.P. Suharta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh perangkat pembelajaran yang berkualitas valid, praktis, dan efektif, serta untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berbasis Geogebra disertai asesmen autentik dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan literasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp. Hasil penelitian menunjukkan p erangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kualitas valid, praktis, dan efektif. Dengan karakteristik Rpp yaitu, (1) memberikan petunjuk dan arahan kepada guru tentang langkah yang harus dilakukan guru selama kegiatan pembelajaran, (2) menggunakan bahasa yang jelas, logis, praktis dan sistematis untuk menghindari multitafsir jika rpp digunakan oleh guru lain, (3) diberikan alternatif penyelesaian permasalahan yang diajukan. Selain itu pula, motivasi dan kemampuan literasi matematika siswa mengalami peningkatan dengan pembelajaran berbasis Geogebra disertai asesmen autentik, dengan karakteristik pembelajaran yaitu sebagai berikut, (1) mengawali pembelajaran dengan mengaitkan masalah dalam kehidupan sehari-hari siswa dengan materi yang dipelajari, (2) siswa diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa lainnya, (3) siswa diberikan kesempatan dalam proses penemuan konsep, (4) guru memberikan penghargaan terhadap setiap hasil kerja siswa, dan (5) penilaian yang dilakukan secara kontinu pada setiap pertemuan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Nieven, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Kluwer Academic Publisher.
Novitasari, D. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Unnes Journal. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ISSN 2613-9189
Pantiwati, Y. (2016). Hakekat Asesmen Autentik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(1). https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773
Putrawan, A. A., Suharta, I. G. P., & Sariyasa, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/1139/885
Putri, N. W. S., Sariyasa, S., & Ardana, I. M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tandur Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Geometri Siswa. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/1073/821
Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan Modul Matematika Realistik Disertai Asesmen Otentik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X Di SMK Negeri 3 Singaraja. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/625/410
Sugiarto, W. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Materi Komposisi Transformasi. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 42–48. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/456/518
Sujaya, A. A. G. R., Suarni, N. K., & Cadiasa, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Asesmen Autentik Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Kovariabel Motivasi Berprestasi (Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gianyar). e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/688/473
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Wijayanti, A. (2014). Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107