ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI GEOMETRI SISWA KELAS IX SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan spasial matematis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ngabang dalam menyelesaikan materi geometri, khususnya pada bangun ruang kubus dan balok. Kemampuan spasial matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika meliputi persepsi spasial, visualisasi spasial, rotasi mental, hubungan spasial, dan orentasi spasial. Penelitian ini menggunakan metode tes kemampuan spasial, wawancara dan dokumentasi adalah instrumen yang digunakan untuk memperoleh data mendalam mengenai kesulitan dan potensi siswa dalam memahami konsep geometri ruang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan terutama pada komponen persepsi spasial, visualisai spasial dan rotasi mental, sedangkan pada komponen hubungan spasial dan orentasi spasial siswa relative lebih mampu. Temuan ini memberi rekomendasi bagi guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran dinamis seperti software cabri 3D guna meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan pembelajaran matematika yang lebih efektif dan mendukung peningkatan prestasi akademik siswa dalam materi geometri.
Article Details
References
Arpani, M. L., Silfi, A., & Anggraini, L. 2022). Pengaruh whistleblowing system, kompetensi aparatur dan kesadaran Anti kecurangan terhadap pencegahan kecurangan (Studi Empiris Pada OPD Kota Pekanbaru Provinsi Riau). SYNERGY: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(1), 34–44. https://doi.org/10.52364/synergy.v2i1.16
Cahyani, R. D., Mulyanti, Y., & Nurcahyono, N. A. (2020). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pythagoras. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 149. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8294
Ellissi, W., & Permata, J. I. (2022). Analisis pemahaman konsep mahasiswa pada materi geometri ruang. 11(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.750
Farisdianto, D. D., & Budiarto, M. T. (2014). Profil kemampuan spasial siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 77–84. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25p
Fitriana, A. S., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Ditinjau Dari Level Kemampuan Spasial Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(3), 859–868. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.859-868
Hanief, Y. N& Himawanto, W. (2024). Statistik Pendidikan. Deepublsh (Grup Penerbitan CV Budi Utama). https://staff.universitaspahlawan.ac.id/web/upload/materials/106-materials.pdf
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Hulfian, L. (2022). Tingkat Validitas Dan Reliabilitas Instrument Tes Keterampilan Bermain Futsal. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.51878/academia.v2i1.1077
Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Al-Ta’dib, 8(2), 70–71. https://doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411
Mutia., N., & Safrina, K. (2025). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkatan Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 14(1), 12–26. https://doi.org/10.23887/jppmi.v14i1.4213
Nurfadila, A., & Mujib, A. (2023). Analisis Kemampuan Spasial Siswa SMP Ditinjau Dari Gender Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(2), 121–126. https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.301
Nursakiah, & Ramdani, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas Viii. Jurnal Penalaran dan Riset Matematika, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.62388/prisma.v1i1.88
Sinaga, A. & Adha, N. (2022). Sumber Data dan Subjek Penelitian Kualitatif. Sekolah Tinggi Ilmu Terbiyah Batu Bara Jurusan Manajemen Pendidikan Islam.
Soraya, W., Utami, C., &Nirawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Ditinjau dari Teori Bruner pada Materi Dimensi Tiga Kelas X Mas Yasti Singkawang. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(1), 19–23. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i1.2296
Sudirman, S., & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60–72. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Tarlina, Y., Supratman, & Madawistama, S. . (2024). Analisis Struktur Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(2), 79–91. https://eprints.ums.ac.id/75747/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf