EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Main Article Content

I.A. Saragih
M.G. Sembiring
A. Mujib

Abstract

Penelitian ini berupaya menilai sejauh mana model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) meningkatkan keterlibatan aktif dan pemahaman topik matematika di kalangan siswa kelas VIII di SMP Swasta Ansvin Batam. Penelitian ini menggunakan metodologi kuasi eksperimen antar kelompok, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 16 siswa. Populasi dibagi menjadi 2 kelompok secara random yaitu 8 orang sebagai kelompok eksperimen dan 8 orang sebagai kelompok kontrol berdasarkan uji normalitas (Shapiro-Wilk) dan varians homogenitas karena sampel kecil. Proses pengumpulan data mencakup berbagai strategi, antara lain penyelenggaraan tes, pendistribusian survei, observasi langsung, melakukan eksperimen, dan melengkapi dengan tinjauan pustaka. Data dianalisis secara parametrik dengan independent sample t-test pada hasil posttest menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkuat pemahaman mereka tentang konsep matematika daripada metode pengajaran yang sebelumnya digunakan di kelas VIII di SMP Ansvin Batam.

Article Details

Section
Articles

References

Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832

Doi, :, Aulia, D., & Khoiri, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Stad Dalam Pembelajaran Statistika Kelas V Sdn Wonosunyo Ii Gempol. Differential: Journal on Mathematics Education, 1, 151–160. https://ojs.um-palembang.ac.id/index.php/differential/article/view/107

Firdaus, A. R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Matematika. (Vol. 4, Nomor 2). https://ojs.unm.ac.id/jppsd/article/view/61215

Herlina, D., Irma, A., & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (Stad) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Tualang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 54–60. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.45

Hidayat, S., Yanti, Y., & Imswatama, A. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(1), 20–28. https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1683

Höft, L., & Bernholt, S. (2019). Longitudinal couplings between interest and conceptual understanding in secondary school chemistryNo Title. International Journal of Science Education, 41(5), 607–627. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1571650

Jusniani, N., Monariska, E., & Aldi Hidayat, A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Matematis pada Materi Operasi Bentuk Aljabar. Intellectual Mathematics Education (IME), 2(1), 25–44. https://doi.org/10.59108/ime.v2i1.66

Khairullah, W., & Heriyana, T. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Barisan dan Deret Hitung Kelas XI SMK Karya Nasional Kuningan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 427–444. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/185

Lestariningrum, A. A. (2024). (2024). The Impact of AI Use in Learning and Digital Material Accessibility on Students’ Academic Achievement through Technology Engagement as A Mediating Variable : The Per.

Maryati, I., & Nurkayati, N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Sekolah Menengah Atas dalam materi Aljabar. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 253–265. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.40007

Nur Syamsu, F. R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/19450

Prayitna, R. S. (2018). Pembelajaran STAD meningkatkan motivasi dan prestasi belajar memprogram mesin CNC. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 124. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/45864

Purniwantini, N. K. (2022). Model STAD Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah. Journal of Education Action Research, 6(4), 505–510. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/45864

Putri, N. A. (2024). Efektivitas Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan bagi Anak Diskalkulia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 781–787. https://edukatif.org/edukatif/article/download/6363/pdf

Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/4800

Safitri, D. R., & Mulyani, M. (2021). Teori Tindak Tutur Dalam Studi Pragmatik| Rizki Dian Safitri, Dkk. 59 Kabastra Is Licensed Under Creative Commons Attribution-Noncommercial-Noderivatives 4.0 International License Teori Tindak Tutur Dalam Studi Pragmatik. 1(1).

Safitri, S., Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2021). Faktor Penting Dalam Pemahaman Konsep Siswa Smp: Two-Tier Test Analysis. Natural Science Education Research, 4(1), 45–55. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8150

Telaumbanua, A., & Nancy Meyla, D. (2023). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Persediaan dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ 45 Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020.

Wangge, Y. S. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu, 6(2). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2166

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016 | Waskitoningtyas | JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 5(1), 24–32. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852