ANALISIS KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL PADA SOAL POLA GAMBAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran menunjukkan bahwa guru menggunakan metode ceramah dan diskusi. Namun, saat guru mengajukan pertanyaan terkait materi, siswa tidak mampu menjawab, sehingga berdampak pada pemahaman kemampuan visual spasial siswa. Kemampuan visual spasial merujuk pada pemahaman terhadap visual yang berkaitan dengan gambar dan spasial berkenaan dengan ruang atau tempat yang melibatkan pemahaman dalam mengenal bentuk, jumlah, maupun posisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan visual spasial siswa pada soal pola gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas dan 3 siswa kelas IV yang mewakili kategori kemampuan visual spasial yang tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kemampuan tinggi menguasai semua indikator, yang mencakup pengimajinasian, pengkonsepan, pencarian pola, dan penyelesaian masalah. Siswa kemampuan sedang hanya menguasai dua indikator, yaitu pengimajinasian dan penyelesaian masalah. Sedangkan siswa kemampuan rendah hanya menguasai satu indikator, yaitu pengimajinasian. Sesuai hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan visual spasial memiliki peran penting dalam pembelajaran karena mendukung pemahaman siswa dan memudahkan dalam mengolah informasi yang disampaikan.
Article Details
References
Abdussamad, H. Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Ananda, R. A., Febrian, & Tambunan, L. R. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Hitung Pecahan Campuran Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. Jurnal Gantang, 6(2), 163–168. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.1931
Ardana Riswari, L., Kusumo, P., & Rachmadita Hapsari, C. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar Saat Menyelesaikan Soal Persegi. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.24929/alpen.v8i1.248
Arifin, S. (2021). Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Penerbit Adab.
Atiqah, N., Panjaitan, U. I., & Tampubolon, J. (2019). Pentingnya konsep dasar matematika pada kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–10.
Bahy, J. A. C., Dimpudus, A., & Haeruddin. (2022). Analisis Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, Dan Komputer, 3, 37–49. https://doi.org/10.30872/pmsgk.v3i0.1467
Evanti, S. A., Handayaningrum, W., & Rahayu, E. W. (2024). Korelasi Imajinasi dan Kreativitas Peserta Didik SMP Dalam Berkarya Seni Ilustrasi. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 9(1), 33–42. https://doi.org/10.30870/jpks.v9i1.23577
Febrianty, H., & Asriati, N. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Menciptakan Generasi Emas di Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1(01), 750–760. https://doi.org/10.26418/jppk.v1i01.87438
Fu’adah, I. (2020). Kemampuan Visual Spasial Dalam Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTS Nurul Huda Trenggalek. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Harfiani, R. (2021). Multiple Intelligences Approach (Melejitkan Potensi Kecerdasan Anak Usia Dini). UMSUPRESS.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Quadrant.
Labudasari, E., Rochmah, E., Cucu, & Risnawati. (2023). Kurikulum Merdeka Teori dan Praktik di Sekolah. Indonesia Emas Group.
Nuraini, A., Sunardi, S., Ambarwati, R., Hobri, H., & Jatmiko, D. D. H. (2022). Analisis Karakteristik Kecerdasan Visual Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Shape and Space Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. KadikmA, 13(1), 88. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31637
Nurainun, Sukayasa, Ismaimuza, D., & Meinarni, W. (2024). Analisis Kemampuan Visual Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tentang Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 7(1), 119–126. https://doi.org/10.31539/judika.v7i1.9485
Nurhayati, Labulan, & Berahman. (2022). Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Pada Siswa Kelas X. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 121–128. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.963
Oktavia, T., & Yulia, P. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Thinking dan Feeling dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 8(1), 13–28. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.234
Prasetyo, D. D., & Abidin, M. Z. (2021). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel di TKIT Yaumi Faitmah Pati. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 4(2), 236–248. https://doi.org/10.54396/saliha.v4i2.195
Pratiwi, I., Amaliyah, & Rini, C. P. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di Kelas IV MI Al-Kamil Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.43
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 235–244. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i3.6761
Riswari, L. A., Septina, N., & Magdalena, D. (2024). Analisis Gaya Belajar Visual Siswa Kelas 3 Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di SD. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.6989
Riswari, L. A., Sholikhah, L. Z., & Oktaviana, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 198–207. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.3141
Rofi’ah, U. A., Khotimah, N., & Lestari, P. I. (2023). Pengukuran Kreatifitas Anak Usia Dini Menurut E.P. Torrance. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 40–55. https://doi.org/10.51675/alzam.v3i1.526
Rusdiana, Hidayat, R., Dimpudus, A., & Ikmawati. (2025). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 14(1), 53–60. https://doi.org/10.23887/jppmi.v14i1.4129
Salsabila, M., Sesrita, A., & Rajagukguk, Z. F. (2024). Kecerdasan Visual Spasial pada Siswa Sekolah Dasar: Analisis Jurnal Tahun 2020-2023. Karimah Tauhid, 3(6), 6692–6706. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13682
Subroto, J. (2021). Mengenal Kecerdasan Manusia. PT Bumi Aksara.
Sudirman, & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60–72. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370
Suhartatik, P., Susiswo, & As’ari, A. (2022). Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan dan Scaffoldingnya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 432–448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1068
Supawidhiasih, N. P., Suharta, I. G. P., & Ardana, I. M. (2025). Pengembangan E-Modul Berorientasi pada Bangunan Tradisional Bali untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pola Bilangan pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppmi.v14i1.4106
Syafiqah, A., & Darwis. (2020). Deskripsi Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Berdasarkan Tingkat Kemampuan Awal Geometri pada Siswa Kelas VII SMP. Issues in Mathematics Education, 4(1), 68–82.
Tambunan, J. M., & Anggraini, S. (2025). Mewarnai Seni Rupa: Menstimulasi Motorik dan Imajinasi Anak Kelas 1 Di SD 060841 Medan Petisah. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 211–221. https://doi.org/10.59031/jkppk.v3i1.544
Wulandari, V. E., Fatqurohman, & Suryaningrum, C. W. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Dalam Menyelesaikan Masalah Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 128–137. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3991
Yuniarti, S. R., & Rosyidi, A. H. (2024). Penalaran Aljabar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berbantuan GeoGebra. MATHEdunesa, 13(3), 979–999. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n3.p979-999
Zulkifli, T. I. (2020). Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Di Tk Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.13042