PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva yang dirancang untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematis pada materi statistika. Dalam penelitian ini digunakan metode pengembangan berbaiss model ADDIE, yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian mencakup 32 siswa yang berasal dari kelas X-FKK 1 di SMK Negeri 3 Medan. Temuan penelitian ini mengindikasi bahwa media yang dirancang telah memenuhi standar kelayakan yang ditentukan berikut: (1) Validitas media berada pada kategori sangat valid, berdasarkan penilaian ahli media sebesar 90,9% dan ahli materi sebesar 91,4%; (2) Kepraktisan media dinilai sangat praktis oleh guru (92,5%) dan siswa (85,9%); (3) Keefektifan media ditunjukkan melalui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,51 yang termasuk kategori sedang. Selain itu, respons positif siswa terhadap penggunaan media mencapai 96,1%, menunjukkan bahwa media ini diterima dengan sangat baik oleh peserta didik.
Article Details
References
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model addie untuk pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 259-267. https://doi.org/10.30998/riksabahasa.v3i1.353
Maisaroh, & Izwita. (2022). Peran matematika dalamkehidupan sosial masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(3), 77-89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888
Oktarisa, F., & Purnama, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi spltv berdasarkan tahapan Polya. In Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 340-349. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.328
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911-7915. https://ojs.unm.ac.id/JPPK/issue/view/1933
Pulungan, A. R., & Rakhmawati, F. (2022, November). Tren Media Pembelajaran Matematika dalam Jurnal Pendidikan Matematika di Seluruh Indonesia. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3443-3558.https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1776
Rahma, F. I., Sutadji, E., & Aynin. (2023, April 1). Urgensi Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Minat Siswa Belajar Matematika. AL-MUDARRIS, 06(1), 34-49. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v6i1.1259
Rizki, I., Sunandar, & Dwijayanti, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 401-408. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6661
Rodiyah, & Siregar, N. (2024). Belajar Matematika yang Menyenangkan Melalui Metode Permainan Sebagai Alternatif Pembelajaran di Sekolah Dasar. JISER: Journal of Islamic and Scientific Education Research, 01(02), 58-64. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3483
Sari, I. P., Nurtamam, M. E., & Hanik, U. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis game 2d flash pada pembelajaran matematika materi pecahan sederhana untuk siswa kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83-91. https://doi.org/10.52189/widyagogik.v7i2.176
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan matematika, 2(2), 335-344. https://doi.org/10.31962/plusminus.v2i2.463
Susmawathi, R., Sudiarta, I. G. P., & Suweken, G. (2025). Pengembangan e-modul berbantuan geogebra dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 14(1), 27-35. https://doi.org/10.23887/jppmi.v14i1.4874
Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di SMP 1 bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 43-48. https://doi.org/10.33084/ijtis.v2i1.1348
Yuliana, D. (2023). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media video pembelajaran kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 247-255. https://doi.org/10.31004/jukanti.v6i2.422
Yulianti, S., & Hidayat, A. (2025). Pengaruh pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikapada materi spldv siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 14(1), 45-52. https://doi.org/10.23887/jppmi.v14i1.5005