PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS TETRAHEDRON DIDAKTIS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat ketuntasan dan peningkatan yang siginifikan kemampuan pemahaman konsep materi trigonometri antara siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran learning cycle 5e berbasis tetrahedron didaktis lebih tinggi dengan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru. Menggunakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian mencakup SMA di wilayah Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIPAS 1 dan X MIPAS 2 sebanyak 48 siswa yang diambil dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu : Tes kemampuan pemahaman konsep trigonometri yang terdiri dari 6 butir soal; lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan : 1) Ketuntasan kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen mencapai 88% (22 siswa) lebih baik dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol yang hanya mencapai 69% (16 siswa). 2) Terdapat peningkatan pada setiap indikator tes siswa di kelas eksperimen pada materi trigonometri di kelas X SMAS Eria Medan, dengan n-gain untuk indikator 1 hingga 6 berturut-turut sebesar 0,69; 0,87; 0,73; 0,96; 0,72; dan 0,72. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep antara siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas kontrol pada materi trigonometri di kelas X SMAS Eria Medan, ini berdasarkan hasil uji t n-gain pada taraf signifikansi dimana diperoleh , maka ditolak, diterima.
Article Details
References
Abbaoui, M., Mefoued, B., & Rahmane, A. (2020). Tetrahedron Cyber Dipl to Improve Teaching, Learning and Digital Equity in the Institute of Architecture. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 7(1), 30–46. http://iojet.org/index.php/IOJET/article/view/736
Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 102–109. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4420
Bandur, A., & Prabowo, H. (2021). Penelitian Kuantitaif, Metodologi, Desain, dan Analisis Data Dengan SPSS, AMOS & Nvivo (1st ed.). Mitra Wacana Media. Mitra Wacana Media
Cholid, C., Ahmadi, A., & Oktaviani, D. N. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis pada Siswa Kelas X pada Materi Perbandingan Trigonometri Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 89. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5720
Devika Amelia Nurjanah, Tina Sulistianingsih, Syafira Rizqi Pratiwi, Fradinda Amelia Hapipah, Casilta Widianti, & Muhammad Giri Tarmizi. (2023). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga “PAPI GO!” Pada Mata Pelajaran Matematika SMK Pokok Bahasan Trigonometri. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(1), 150–164. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i1.472
Fadhilah Ammar, N., Khairina, & Hafriani. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 01–13. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.173
Fadilah, N., Mukhtar, & Fauzi, K. M. A. (2022). Studi Literatur : Pembelajaran Konstruktif dengan Menggunakan Konten Video Interaktif Berbasis Budaya Tradisional. Jurnal PEKA, 05(02), 49–50. https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3138
Hajizah, M. N., Juandi, D., & Darhim. (2021). Preliminary Design of Learning Function Based on the Didactical Tetrahedron Model. Journal of Engineering Science and Technology, 16(3), 2153–2165. https://jestec.taylors.edu.my/Vol 16 issue 3 June 2021/16_3_22.pdf
Hidayat, R., & Dimpudus, A. (2025). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 14(1), 53–60. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/4129/1807
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144. https://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6818
Muryadi, Ainun Nisa, S., Sulistyaningsih, & Rahmawan, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Materi Koloid di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 243–252. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.243-252
Puspitarini, D. A., Ardana, I. M., & Astawa, I. W. P. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 14(1), 61–72. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/4575/1808
Sarumaha, Y. A., Khairiani, D., Dina, N., Khasanah, M., & Sari, N. (2024). Jari Trigonometri : Alternatif Alat Peraga Pembelajaran Matematika. 4, 69–82.
Sriyanti, I. (2021). Sikap Siswa dalam Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(Vol 11 No 1), 36–50. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3840
Sriyanti, I., Faritcan Siallagan, T., & Novia Triani, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5Sriyanti,(volume 5), 17–27. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.2736
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Syafitri, E., Saragih, S., Napitupulu, E. E., Fauzi, K. M. A., Anim, A., Rahmadani, E., Sirait, S., & Batubara, I. H. (2022). Meningkatkan Adversity Quotient Siswa Menggunakan Autograph. Journal of Science and Social Research, 5(2), 393. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i2.905
Wicaksono, K. A. D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 461–466. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6668