PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI GAME GIMKIT TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP

Main Article Content

I. Nurjanah
I. Yusritawati
E.F.W. Puadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui game gimkit terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi aljabar kelas VII SMP. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya kemampuan numerasi siswa serta kurangnya pemanfaatan media interkatif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII B di SMP Negeri 1 Cibeureum tahun ajaran 2024/2025. Data diperoleh melalui tes kemampuan numerasi dan angket respon siswa. Hasil Uji Wicoxon menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara pretest dan posttest dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan kemampuan numerasi siswa sebesar 0,70 dalam kategori sedang. Respon siswa terhadap model pembelajaran juga sangat tinggi, dengan rata-rata skor angket sebesar 82%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TGT melalui Game Gimkit efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekaligus menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Article Details

Section
Articles

References

Aini, C. N., Rahayu, R. N., Maulita, R. N., & Kusuma, R. V. (2024). Implementasi Gimkit sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tuban. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Alfan Rosidi, A., Nimah, M., & Rahayu, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3344

Lynn, S. A., Olaf, C. & Northfield. (2010). Mathematics and Numeracy: Two Literacies, One Language. Journal of the Singapore Association of Mathematics Educators, 1-5. http://www.asclegg.co.uk/downloads/maths/pisa/Mathematics%2520and%2520Numeracy_Steen.pdf

Mariana, S. (2023). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik terhadapKemampuan Numerasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di MTs Manahijul Huda [Thesis (Undergraduate), IAIN KUDUS]. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11036

Nizammudin, M., Sukamto, & Priyanto, W. (2022). Analisi Kemampuan Disposisi dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV pada Materi Bangun Datar di SD Negeri Bantengmati 02 Demak. Wawasan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10033

Rohmah, S. N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika (Ashari Budi, Ed.). UAD PRESS.

Simamora, A., Panjaitan, M., Manalu, A., Siagian, A., Simanjuntak, T., Silitonga, I., Luvi, A., Maria, L., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif (L. Novianti, Ed.; 1st ed., Vol. 9). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.).

Suwarno, S. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 3(2), 110. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v3i2.1622

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021 (W. Teresia, Ed.). Guepedia Group.

Waluya, S. B., Sukestiyarno, S. B., Cahyono, Y. L., & Santi, A. N. (2022). The Effect of Pancasila Student Profile on the Numerical Literacy Ability of Junior High School Student. Proceedings of Internatioal Conference on Science, Education, and Technology, 8 , 401-500. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/ISET/article/view/1787

Zaenal, M. R. (2021). Meningkatkan Numerasi Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Matematika Ilmiah (Jumlahku), 7(2), 51–52. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1487