PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP
Main Article Content
Abstract
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PMRI pada Materi Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 9 Ngabang Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) materi bilangan bulat guna meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 9 Ngabang. Metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) digunakan melalui lima tahap. Bahan ajar divalidasi oleh ahli materi dan media, kemudian diuji coba terbatas pada 30 siswa. Hasil validasi menunjukkan bahan ajar dinyatakan valid. Uji efektivitas berdasarkan tes hasil belajar membuktikan 80% siswa (24 dari 30) mencapai ketuntasan (KKM ≥75). Uji kepraktisan oleh guru mata pelajaran memperoleh skor 43/50 (86%), tergolong kategori sangat praktis. Simpulan penelitian menyatakan bahan ajar berbasis PMRI ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat. Integrasi permainan monopoli dan prinsip PMRI menjadi inovasi kunci dalam pembelajaran kontekstual.
Article Details
References
Ayu, S., Ardianti, A. D., Wanabuliandari, S. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Aksioma Jurnal Program Stuudi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Ellissi, W., & Intan, P. J. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.750
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Nezha, R. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Metematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Reaistik Untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. 1(1), 1–203.
Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220
Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732
Sapitri, M., Fauziah, A., & Friansah, D. (2022). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Pada Kelas Vii Smpn 11 Rejang Lebong. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(2), 259–270. https://doi.org/10.31540/jpp.v16i2.1977
Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Suparta, I. N. (2011). Membangun karakter melalui pendidikan matematika. Seminar Nasional FMIPA Undiksha, 268–277.
Ummah, M. S. (2019). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Sustainability (Switzerland), 11, (1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI