ANALISIS PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MATERI LINGKARAN KELAS XI SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI C SMA Negeri 1 Jelimpo ditinjau dari self efficacy pada materi lingkaran. Pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika, mencakup memahami masalah, merencanakan,melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasilnya. Self efficacy dalam penelitian ini meliputi tingkatan, keadaan umum, dan kekuatan. Penelitian ini menggunakan metode tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan siswa mengalami kesulitan pemecahan masalah, seperti belum mampu menuliskan data, memahami konsep dan mengerjakan soal tepat waktu. Siswa dengan self efficacy tinggi dan sedang hanya memenuhi beberapa indikator pemecahan masalah. Siswa kategori rendah tidak memenuhi indikator memahami, merencanakan, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasil. Kesimpulannya pencapaian siswa dikategori self efficacy tinggi dan sedang hanya mampu melaksanakan pemecahan masalah, sedangkan kategori rendah tidak memenuhi indikator pemecahan masalah. Hal ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa masih lemah pada materi lingkaran.
Article Details
References
Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 49. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i2.23763
Ellissi, W., & Intan, P. J. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.750
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Heni Widiastuti, Ferry V.I.A Koagouw, K. S. J. (2018). Teknik Wawancara Dalam Menggali Informasi Pada Program Talk Show Mata Najwa Episode Tiga Trans 7. Jurnal Acta Diurna, 7(2), 1–5. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19564
Indahsari, I. N., Situmorang, J. C., & Amelia, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Siswa Man. 01(02), 256–264. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.55
K.A.D. Indrawati, I.M. Ardana, S. (2025). 4835-Article Text-12391-1-10-20250528. 14(1), 73–82. https://doi.org/10.23887/jppmi.v14i1.4835
Lisnani, L., Setiawan, A. D., Stevani, A. L., & Septian, A. I. (2020). Pendampingan Pembelajaran Matematika Materi Operasi Perkalian Bagi Siswa Sd Kelas Ii Sdn 42 Palembang. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 21. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4642
Loviasari, P. A., & Mampouw, H. L. (2022). Profil Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 73–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.688
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
Mawaddah, H. (2021). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3633
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Nst, M. B., Surya, E., & Khairani, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1533–1544. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2291
Nurani, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3388
Nurbayan, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi aritmatika sosial. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 93–102. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1919
Pratiwi, R. M. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Ditinjau Dari Tingkat Kecerdasan Intelektual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 79–90. http://repository.upi.edu/54235/
Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “Self Efficacy” dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 103. https://doi.org/10.29313/mimbar.v28i1.344
Purba, D., Zulfadli, & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Mathematic Education Journal, 4(1), 25–31. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2204/1380
Purwanto, J., Jiwanto, I. N., & Murtono. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Berbentuk Grafik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 32–39.
Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirāsāt: Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 2(2), 192–213. https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal ∑Igma, 1(2), 64–68.
Sugiyamti, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui Metode Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii F Smp Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 175–186. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.195
Sumartini, T. S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 1–7.
Suwarto. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2269
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.52657/je.v3i1.283
Syarifuddin, Bata Ilyas, J., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Di Kota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 55. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/biemr/article/view/102
T.L. Situmorang, L.R. Pangaribuan, & A.S. Situmorang. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Barisan Dan Deret Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(2), 146–153. https://doi.org/10.23887/jppmi.v12i2.2740
Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika.
https://www.academia.edu/download/73539421/03_BukuStrategiPemecahanMasalahMatematika_JAFALK.pdf
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Wijaya, A. D. (2024). Dampak Rendahnya Self Efficacy Pada Mahasiswa Tingkat Akhir: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 115–126. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.768