GAME EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Education terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Desain , dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak . Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-C). Instrumen yang digunakan adalah tes post-test berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan peserta didik. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 75,23 dengan standar deviasi 12,93. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi dengan α = 0,05. Dari uji tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Game Education terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi pemahaman matematis peserta didik dan diperoleh nilai akhir 93,00 dengan kategori penilaian sangat aktif. Dan untuk observasi keterampilan mengajar guru, dengan menggunakan model pembelajaran Game Education diperoleh nilai akhir 85,29 dengan kategori sangat baik.
Article Details
References
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Pasal 3
Warsono & Hariyanto.2017. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.