ANALISIS STRUKTUR BERPIKIR GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER
Main Article Content
Abstract
Struktur berpikir geometri peserta didik adalah tahapan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep-konsep geometri. Salah satu teori yang menjelaskan struktur berpikir geometri peserta didik adalah teori Van Hiele. Teori ini dicetuskan oleh Pierre van Hiele dan Dina van Hiele-Geldof pada tahun 1957. Teori ini mengklasifikasikan struktur berpikir geometri peserta didik ke dalam lima tahapan yaitu: 1) Tahap Pengenalan/Visualisasi, 2) Tahap Analisis, 3) Tahap Abstraksi/deduksi informal (Pengurutan), 4) Tahap Deduksi, dan 5) Tahap Keakuratan/Rigor. Teori ini menyoroti pentingnya struktur berpikir geometri yang mendalam dan berjenjang. Pada hasil pra penelitian yang dilakukan terhadap peserta didik di kelas VIII SMP Islam Trijaya Karangnunggal tahun ajaran 2022-2023, dengan materi bangun ruang sisi datar diketahui bahwa masih terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam proses penyelesaiannya, hal ini dikarenakan permasalahan geometri yang disajikan hanya dengan penyelesaian tunggal sehingga peserta didik tidak bisa mengembangkan pola pikir matematikanya. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan soal open ended yang dirancang sesuai indikator geometri Van Hiele dengan tujuan untuk menganalisis struktur berpikir geometri berdasarkan teori Van Hiele peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari gaya kognitif visualizer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif, yaitu peserta didik diberikan kesempatan secara bergantian untuk menyelesaikan masalah sampai ditemukannya subjek penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dimulai dari pemberian angket, soal open ended geometri Van Hiele yang telah divalidasi dan dinyatakan layak untuk digunakan, dan melaksanakan wawancara. Peserta didik kelas IX SMP Islam Trijaya Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya merupakan subjek penelitian yang dipilih menggunakan eksplorasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa S1 dengan gaya kognitif visualizer mencapai tahap ke 3 yaitu tahap abstraksi/deduksi informal dalam menyelesaikan soal open ended geometri Van Hiele S1 menyelesaikan soal tersebut dengan strategi dia sendiri, tetapi S1 tidak bisa mencapai tahap ke 4 dan ke 5 dalam tahapan geometri Van Hiele.
Article Details
References
Anggo, A. Y., Sahidi, S., & Syamsulrizal, S. (2022). Analisis Kemampuan Persepsi Dan Visual Spasial Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berbasis Open Ended. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.36232/theorema.v3i1.2604
Anwar, A., Nirwana, L., James, & Takaendengan, B. R. (2022). Analisis Kecerdasan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2), 116–125. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4778
Habibi, H., Winiati, I. T., & Kurniawati, Y. (2020). Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 99–110. https://doi.org/10.35719/mass.v1i2.34
Jazuli, L. O. A., Solihatin, E., & Syahrial, Z. (2019). The Effects of Brain-Based Learning and Project-Based Learning Strategies on Student Group Mathematics Learning Outcomes Student Visual Learning Styles. Pedagogical Research, 4(4), 4–11. https://doi.org/10.29333/pr/5949
Karti, T. D. S., & Syofiana, M. (2021). Soal Open Ended Berkonteks Bengkulu Tentang Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 442–455. http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i4.pp442-455
Kurnia, A. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(2), 419–430. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3618
Kurniati, N. S., Supratman, & Madawistama, S. T. (2021). Proses Berpikir Spasial Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JARME, 3(1), 22–33. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.1820
Lestari, A., & Syafri, F. S. (2021). Pengembangan Soal Open-Ended Berbasis RME Materi Geometri (Luas Permukaan Dan Volume Balok). Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 14–23. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v12i1.14789
Listanti, D. R., & Mampouw, H. L. (2020). Profil Pemecahan Masalah Geometri Oleh Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 365–379. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.224
Muhassanah, N., & Mulyatna, F. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Geometris Menurut Van Hiele pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2682(2), 233–244. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6367
Mulyadi, I., & Muhtadi, D. (2019). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Gender. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 5(1), 1–8. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/IYA51
Shidqiya, I. A., & Suyitno, A. (2022). Meta Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Berbasis Van Hiele Ditinjau dari Self Efficacy. PRISMA, 5, 475–482. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54567
Sintiya, A., Hasan, B., & Affaf, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Logaritma Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 57–74. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3088
Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Keterampilan Geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044
Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. JIPM, 11(1), 108–122. http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.10866
Wulandari, T. A., & Ishartono, N. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 97–110. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5330
Yuliana, D., & Ratu, N. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Visual Geometri Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Level Berpikir Analisis Van Hiele. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 536–549. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.135
Zulqifli, A. H., Alimuddin, & Ilhamuddin. (2022). Pemecahan Masalah Matematika Di Tinjau Dari Pemecahan Masalah Matematika Di Tinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer- Verbalizer. IJMA, 2(2), 36–50.