EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya model pembelajaran yang sering digunakan oleh pendidik, yang membuat siswa menjadi pasif, kurang terlibat aktif dalam memahami konsep, dan kurang kreatif dalam menyelesaikan soal, sehingga hasil belajar mereka rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMPN 12 PPU. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental research, di mana kelas eksperimen diajarkan dengan model CPS. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIII-C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelompok kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 78,79, sedangkan kelas kontrol 40,46. Hasil uji independent sample T test pada nilai posttest menunjukkan signifikansi < 0,05, mengindikasikan perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan CPS dibandingkan yang tidak menggunakan model ini.
Article Details
References
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary, 7(1), 40–47. https://media.neliti.com/media/publications/258173-penerapan-model-pembelajaran-problem-bas-febb1ec3.pdf
Hartiwi, K., Amelia, S., & Islam Riau, U. (2022). The Creative Problem Solving (CPS) Learning Model Effect on Students’ Mathematics Learning Results at Junior High Schools of Dumai City. Mathematics Research and Education Journal, 6(1), 21–30.
Jayantika, G. A. N. T., & Payadnya, P. A. A. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Deepublish. https://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1796/1/FULLBOOK.pdf
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish CV Budi Utama. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Zw8REAAAQBAJ&oi=
Munthe, S.A., Tambunan L.O., & Sauduran, G.N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi SPLDV di SMP Negeri 1 Panei. Journal on Education, 05(02), 4426–4436. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1163
Sinurat, F. M. I. (2022). Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada SMK N 1 Cikarang Selatan. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 580–588. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203446
Sutriyawan, A. (2022). Analisis Data Penelitian Kuantitatif Bidang Kesehatan. PT Refika Aditama.
Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Universitas Khatolik Atma JAYA. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=DEugDwAAQBAJ&oi
Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 01. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12332
Yanuar, A., & Pius, I. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.12568/sapa.v8i1.327