PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Main Article Content

R. Susmawathi
I.G.P. Sudiarta
G. Suweken

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik E-Modul berbantuan geogebra dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model Plom yang terdiri dari; Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk mengukur E-Modul digunakan lembar validasi, mengukur kepraktisan E-Modul digunakan lembar keterlaksanaan, angket respon guru dan siswa serta untuk mengukur keefektifan E-Modul digunakan tes pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah berupa E-Modul berbantuan geogebra yang valid, praktis, dan efektif. Karakteristik yang diperoleh dari E-Modul siswa yaitu: E-Modul membantu siswa belajar mandiri dan dapat membantu mengkonstruksi sendiri pemahaman konsep dengan latihan soal, video dan geogebra, E-Modul siswa memuat permasalahan yang dekat dengan kehidupan siswa, E-Modul memberikan ruang siswa menuliskan kesimpulan dari kegiatan yang dilaksanakan. Karakteristik yang di peroleh dari E-Modul Petunjuk guru yaitu membantu proses pembelajaran dikelas

Article Details

Section
Articles

References

Ajara, E. L., & Agai, E. B. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa SMK. 5(1).

Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, 130.

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan program GeoGebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 471. http://eprints.uny.ac.id/10483/1/P6-Ali M.pdf

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 51.

Permendikbud. (2016). Permendikbud RI Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. JDIH Kemendikbud, 1–168.

Sadra, I. W. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas I Sekolah Dasar. UNESA Surabaya.

Sardiman, A. M. (2008). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Seodjadi, R. (2000). Kiat pendidikan Matematika di Indonesia–Konstalasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan bangsa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, 979, 1–8.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530