PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Isi Artikel Utama

N.L.P.S. Febrianti
Sariyasa
I.W.P. Astawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif materi bangun ruang sisi datar berbasis problem-based learning yang valid, praktis dan efektif serta mendeskripsikan karakteristiknya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan. Subjek penelitian yaitu subjek uji coba terbatas terdiri dari 10 orang peserta didik kelas VIII A dan dua guru matematika, serta subjek uji coba lapangan terdiri dari 30 orang peserta didik kelas VIII SMP Harapan Mulia Denpasar. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi untuk mengukur validitas e-modul, lembar pengamatan keterlaksanaan, angket respon guru dan peserta didik untuk mengukur kepraktisan e-modul, serta soal tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan e-modul. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian e-modul interaktif ini memenuhi aspek valid, praktis, dan efektif. Karakteristik e-modul interaktif ini yaitu, (1) e-modul disajikan dengan media interaktif seperti video, kuis, latihan interaktif dan geogebra, (2) terdapat hyperlink menuju halaman tertentu, (3) memuat latihan soal pilihan ganda dan mencocokkan yang dapat memberikan respon, dan (4) memuat permasalahan dan aktivitas yang memungkinkan peserta didik melatih kemampuan berpikir kritis, (5) kegiatan dalam e-modul disusun berdasarkan sintaks problem-based learning.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Aeni, W. N., & Widodo. (2022). Penggunaan e-modul interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada materi kalor. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(2), 193–202. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/44740

Afrila, D., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Dengan Software Adobe Flash pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(3), 539–551. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/521

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65. https://journal.unpak.ac.id/index.php/salaka/article/view/1838

Aliftika, O., & Utari, S. (2019). Profil Keterampilan Abad 21 Siswa Sma Pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gerak Lurus, 4(2), 141–147. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i2.20178

Amriarto, K. S., & Hidayati, K. (2022). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 6. https://doi.org/10.21831/pspmm.v6i2.252

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i–xiii. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/829/567

Asmawati, E. Y. S., Setyawati, E., Sastaviana, D. O., & Suseno, N. (2022). Penerapan Problem Based Learning dengan Aplikasi Google Meet dan Google Classroom untuk Meningkatkan 4Cs pada Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 17–26. https://doi.org/10.24036/jppf.v8i1.115030

Ayuningsih, N. P. M. (2020). Validitas Isi Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning dan Pendidikan Karakter. Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 54–61. https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1398

Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/6769/4139

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306

Girsang, B., Sinaga, E. A. L., Tamba, P. G., Sihombing, D. I., & Siahaan, F. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Program for International Student Assesment (PISA) Konten Quantitiy Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 172–180. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.822

Hasan, M., Maulidyanti, H., Tahir, M. I. T., & Arisah, N. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Kegiatan Literasi. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(2), 477–486. https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/698/334

Herlina, S., Suripah, S., & Dahlia, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Flip Pdf Professional pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 43–60. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5712

Makalunsenge, K. I. P., Tumalun, N. K., & Wenas, J. R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menurut Prosedur Newman Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Langowan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 691–697. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1129

Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 179–185. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12852/9011

Muhammad, A. F. N., & Novitasari, N. I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 80–93. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3877

Purnaningsih, I., & Zulkarnaen, R. (2022). Identifikasi Faktor Penyebab Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Kelas VIII. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 291–302. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/7185

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173–177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Sugiharni, G. A. D. (2017). Validitas Isi Instrumen Pengujian Modul Digital Matematika Diskrit Berbasis Open Source di STIKOM Bali. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, 678–684. https://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/123

Sugiman, S., Suyitno, A., Pujiastuti, E., Masrukan, M., & Hidayah, I. (2021). Penguatan Pembelajaran dan Penilaian yang Bermuatan 4C Competence in Mathematics di Era "Merdeka Belajar" pada Guru-guru SMPN 24 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 487–492. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/download/54703/21128

Yuniarti, V. F. M., Anriani, N., & Santosa, C. A. H. S. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Smartphone Pada Materi Integral Tak Tentu Berorientasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 222–233. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/349