EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Isi Artikel Utama

T.K. Nababan
A.S. Situmorang
L.R. Pangaribuan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Novick efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi bentuk aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Siborongborong. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan bersifat eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siborongborong yang berjumlah 8 kelas. Dalam populasi sampel tersebut, penelitian ini adalah Kelas VII-5 yang berjumlah 30 siswa. Alat yang digunakan adalah observasi dan tes uraian yaitu untuk kemampuan pemecahan masalah siswa dengan jumlah soal sebanyak 8 soal yang valid dan reliabel. Berdasarkan persentase ketuntasan secara klasikal kemampuan pemecahan masalah mencapai 86,6 (tuntas). Berdasarkan analisis deskriptif tingkat kesesuaian belajar Novick, terlihat dari tabel observasi aktivitas belajar siswa rata-rata skornya adalah 3,77 (aktif). Oleh karena itu, model pembelajaran Novick efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.


Kata kunci: Efektivitas; Model Pembelajaran Novick; Kemampuan Pemecahan Masalah


 


 


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Marrissa, S. (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kompleks (Studi Single Subject Pada Siswa Gifted) (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/75712

Nanda, S. 2021. Application of The Discovery Learning Model to Improve Mathematics Learning Outcomes of Class Xi Mia 1 Babussalam Senior High School Pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 4(1), 35-42. https://jprinsip.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpri/article/view/94

Ngudi, W. (2021). ANALISIS MATERI BUKU AJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERBITAN ERLANGGA KELAS VI KURIKULUM 2013 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto). https://repository.uinsaizu.ac.id/9590/

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. 2022. Penerapan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98-106. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/328

Nurhayati, I., Yusandika, A. D., Basyar, S., &Anjelinar, Y. 2019. Pengaruh model pembelajaran Novick berbantu ikpd terhadap kemampuan kognitif peserta didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 353-362. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4361

Rahmatunnisa, S., Mutjaba, I., Pinasti, R., Barokah, R. A., & Rahmah, S. I. (2022, October). Pengembangan Media Papan Baper (Batang Perkalian) Dalam Materi Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Margahayu XIX. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/15209

Sebayang, S. K. H., Yetti, M., & Sari, D. E. (2022). Pengaruh Strategi Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas XI SMK Swasta YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 19(2), 103-111. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/view/681

Siburian, C. G., Pangaribuan, L. R., & Situmorang, A. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(2), 166-172. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/2731