EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN BULAT

Isi Artikel Utama

E.P. Nainggolan
L.P. Pangaribuan
S.P. Gultom

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran CTL terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan populasi penelitian seluruh siswa di kelas VII SMP Swasta Kristen Pagurawan’T.A.2023/2024. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di kelas VII A dan kelas kontrol dikelas VII B. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil pemahaman konsep matematika peserta didik dari kualitas pembelajaran dengan nilai 0,000 < 0,05, berarti ada perbedaan antara model CTL dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,20 dan kelas kontrol sebesar 0,19, artinya model CTL lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional. Untuk kesesuaian tingkat pembelajaran dikategorikan baik dengan nilai 4. Dengan ini, waktu dikategorikan baik dengan nilai 4,5. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain, kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu, maka disimpulkan model pembelajaran CTL lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional. Dengan demikian maka model pembelajaran CTL efektif terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Di kelas VII SMP Swasta Kristen Pagurawan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Panjaitan, S. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan. Sepren, 1(01), 48–62. https://doi.org/ 10.36655 /sepren.v1i01.88

Sumarmo, U. (2015). Pengembangan berpikir dan disposisi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika UPI.

Situmorang, A. S. (2019). Perbedaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Dengan Pendekatan Open Ended Berbantuan Software Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Sepren, 1(01), 1–6. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i01.75

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. CV. Alfabeta, 225.

Usmadi, Hasanah, H., & Ergusni.The Impact Of The Implementation Three-Step Interview Cooperative Learning Model In Mathematics Learning Toward The Learners’ Activities And Outcomes.Malikussaleh Journal Of Mathematics Learning 3(1), 8-12. https://ojs.unimal.ac.id/mjml/article/download/2447/1484

Wahyuni, S., & Maielfi, D. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dan Inkuiri. Wahana Sekolah Dasar, 29(1), 38–44. https://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/download/14802/8742