ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

Isi Artikel Utama

R.T.C. Ningsih
R.B. Utomo
R. Sukmawati

Abstrak

Literasi numerasi merupakan keterampilan yang sangat penting dalam menggunakan penalaran untuk menilai dan memahami pernyataan, melibatkan aktivitas memanipulasi simbol atau bahasa matematika yang umumnya ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah literasi numerasi ditinjau dari disposisi matematis. Analisis kesalahan siswa dalam literasi numerasi berdasarkan metode nolthing. Sumber data dalam penelitian ini adalah angket, tes tertulis dan wawancara. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan populasi siswa kelas IX A SMP Negeri 20 Tangerang yang berjumlah 32 orang. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa, yaitu 1 siswa berdisposisi matematis tinggi, 1 siswa berdisposisi matematis sedang, 1 siswa berdisposisi matematis rendah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu, siswa dengan kategori disposisi matematis tinggi dapat menyelesaikan soal kemampuan literasi numerasi dengan baik dan melakukan 1 kesalahan berdasarkan indikator metode nolting yaitu kesalahan penerapan konsep. Siswa dengan kategori disposisi matematis sedang cukup mampu menyelesaikan soal kemampuan literasi numerasi dan melakukan 3 kesalahan berdasarkan indikator metode nolting yaitu kesalahan membaca petunjuk, kesalahan penerapan konsep, kesalahan pada saat melakukan tes. Siswa dengan kategori disposisi matematis rendah belum mampu menyelesaikan soal kemampuan literasi numerasi dan melakukan 4 kesalahan berdasarkan indikator metode nolting yaitu kesalahan membaca petunjuk, kesalahan konsep, kesalahan penerapan konsep, kesalahan pada saat melakukan tes.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Az-Zahroh, S. F., & Permadi, H. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi pada Materi Sebaran Geometrik dan Binomial Negatif. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 40–52. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i2.5712

Binsar Waluyo, & Heni Pujiastuti. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi ditinjau dari Gaya Belajar. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 12–25. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.6450

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036

Fanisia, S., & Aniswita, A. (2022). Kontribusi Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 01. https://doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5364

Gufron, A. M., Basir, M. A., & Aminudin, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Newman’s Analysis Eror. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2, 2(Sendiksa 2), 99–107. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/18010

Gumanti, G., & Kartini, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori Newman. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 17. https://doi.org/10.24014/juring.v5i1.16117

Hendrawati, N. E., Muttaqin, N., & Susanti, E. (2019). Etnomatematika: Literasi Numerasi Berdasarkan Bahasa pada Suku Kowai Kabupaten Kaimana. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 239–243. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS

Himmah, W. I., Sulasdini, S., Kartono, K., & ... (2023). Ragam Kesalahan Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi pada Siswa SMA Berdisposisi Matematis Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 033, 913–919. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2239

Safitri, N. K., Wulandari, . G. A. .A., & Putri, G. A. M. A. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tipe Hots Materi Aljabar Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 13(1), 8–20. https://doi.org/10.36733/jsp.v13i1.6010

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Shalikhah, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Smp Negeri 3 Pleret Pada Materi Aritmatika Sosial. Academy of Education Journal, 10(01), 44–54. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.270

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Wayan, N., Asih, R. K., Puspadewi, K. R., & Suwija, I. K. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Pada Materi Spldv Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 14(1), 26139677.