PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Isi Artikel Utama

D.S. Salsabila
Ahmad

Abstrak

Setiap siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis yang berbeda, sehingga diperlukan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat menyesuaikan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagi kelas kontrol yang ditentukan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t test dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dengan diperolehnya nilai diperoleh Sig.(2 tailed) pada baris Equal variances not assumed sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,005 sehingga  diterima.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Prof. Drs. Ahmad, M.Pd., Ph.D.

Referensi

Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1000–1004. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55667

Afriani, I. S., Zawawi, I., & Huda, S. (2024). Implementation of Differentiated Learning on Mathematical Critical Thinking Ability. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 12(1), 61–70. https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i1.9600

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Halimah Nurul, Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019–5033. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7552

Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 435–444. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.435-444

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482

Safitri, Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2021). Faktor Penting Dalam Pemahaman Konsep Siswa SMP Two-Tier Test Analysis. Jurnal Nasional Science Educational Research, 4(1), 45-55. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8150

Sianturi, A., Sipayung, T. N., Simorangkir, F. M. A., (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbu. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29-41. http://dx.doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Suranto. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran Kontemporer. In LaksBang PRESSindo.
Wulandari, A. S.. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620