EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BATIK TANGERANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran etnomatematika batik Tangerang ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design (eksperimen semu), jenis Nonquivalent Control Group Design, metode penelitian true experimental design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik IX SMP Negeri 3 Tangerang, dengan mengambil dua sampel yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas IX D sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest-posttest. Dari hasil uji prasyarat analisis yang diperoleh data berdistribusi normal dan homogen, kemudian terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa mengenai penggunaan pembelajaran etnomatematika batik Tangerang dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat melalui hasil uji N-gain Score dimana 0,49 (interpretasi sedang) > 0,7 (interpretasi rendah). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran etnomatematika batik Tangerang efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Tangerang.
Rincian Artikel
Referensi
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405
Matitaputy, C. (2016). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113–119. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.266
Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2019). Ethnomathematics (Matematika dalam Perspektif Budaya). uwais inspirasi indonesia. https://books.google.co.id/books?id=lr_8DwAAQBAJ
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional (Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01), 123–144. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347/1115
Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/113
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7521/3733
Subchan, Winarni, Mufid, M. S., Fahim, K., & Syaifudin, W. H. (2018). Buku Guru. In Buku Guru Matematika Kelas IX edisi revisi 2018. https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/Buku-Guru-MaTematika-kelas-IX
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Utomo, R. B., Puspita, F. S., Aprilia, D., Putri, Y. E., & Fadhila, A. D. (2021). DESAIN BARU BATIK DENGAN UNSUR TIRTA SUCI, BURUNG KOWAK DAN GEOMETRI 1. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin Universitas Muhammadiyah Tangerang, 3. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/article/view/5987/3138
Utomo, R. B., Puspita, F. S., Aprilia, D., Putri, Y. E., & Fadhila, A. D. (2022). Larangan’s Batik Week: An Effort to Keep and Develop Local Batik in South Larangan-Tangerang in Cooperation with Mayang Batik Community. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 116–127. https://doi.org/10.29062/engagement.v6i1.1163