ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TINGKATAN BERPIKIR VAN HIELE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kemampuan Komunikasi matematis merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam pembelajaran geometri. Namun perlu diketahui setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda ketika mengkomunikasikan masalah dalam pembelajaran geometri. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang dicermati berdasarkan tingkatan berpikir Van Hiele. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kesebangunan berdasarkan tingkatan berpikir Van Hiele di MTsN 3 Banda Aceh dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes perkembangan geometri (VHGT). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan, serta untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek level deduksi informal mampu memenuhi indikator menulis, menggambar, dan ekspresi matematika dengan sangat baik. Subjek level analisis mampu memenuhi indikator menulis dan menggambar. Subjek level visualisasi mampu memenuhi indikator menulis. Kemampuan berpikir geometri yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu rata-rata peserta didik berada pada tingkat berpikir level Visualisasi (Pengenalan).
Rincian Artikel
Referensi
Anwar, A. (2020). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(2), 85–92. https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1616
Astuti, A., & Leonard. (2020). Jurnal Formatif 2(2): Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102–110. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91
Campbell, B., & Manning, J. (2018). Social Geometry and Social Control. The Handbook of Social Control, January, 50–62. https://doi.org/10.1002/9781119372394.ch4
Elfareta, N. J., & Murtiyasa, B. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Penerapan Teori Bruner. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2523. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5681
Fauziah Nur, Rusydi Ananda, T. J. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Teori Van Hiele Dan Bruner Pada Materi Bidang Kartesius. 3(1), 12–17.
Firnanda, V., & Pratama, F. W. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Berdasarkan Teori Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 487–498. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.775
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.
Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu ,7(1).
Irenewati, I., Aulya, L. N., Rahma, A. luthfia, & Putri, S. hadiana. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Tinggi Memecahkan Masalah Matematika Dalam Materi Geometri Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV, 4(Sandika IV), 417–426. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1227
Khumayroh, A. A., Yudianto, E., Setiawan, T. B., Susanto, & Pambudi, D. S. (2019). Karakteristik berpikir geometri siswa pada tingkat visulisasi, analisis, dan deduksi informal berdasarkan teori van hiele. Kadikma, 10(3), 15–27.
Machmuda, R., Edy, S., & Suryanti, S. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 883–892. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.984
Nayan, A. D., & Fitri, I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 171. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.11803
NCTM. (2000). Principle and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Palayukan, H., Langi, E. L., Palengka, I., & Hima, L. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Kubus dan Balok. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 879–884. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.366
Putri, N. E., & Mujib, A. (2023). Analisis Tingkat Berpikir Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama Menurut Teori Van Hiele. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 163-174. https://doi.org/10.31941/delta.v11i2.2736
Rahmadita, A., Napitupulu, B., & Tandililing, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele Pada Materi Sifat-Sifat Segi Empat Di SMPN 8 Jayapura. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 73–85. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.8966
Ristanty, D. W., & Pratama, F. W. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1648–1658. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1400
Roisah, K., Sari, D. I., & Affaf, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat Berdasarkan Tahapan Newman Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1021–1039.
Saragih, R. D., & Santoso, A. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Dengan Menggunakan Padlet Innovative: Journal Of Social Science, 3(2), 12169–12180. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1841
Stokes, S. (2002). Visual literacy in teaching and learning. Electronic Journal for the Integration of Technology in Education, 1(1), 10–19. https://www.researchgate.net/publication/252798531_Visual_Literacy_in_Teaching_and_Learning_A_Literature_Perspective
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,Cet. XXVII.
Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049
Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044
Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., Refando, A., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Van Hiele dalam Pembelajaran Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 365–374. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/841
Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels And Achievement In Secondary School Geometry Department of Education The University of Chicago (p. 156).
Wulandari, T. A., & Ishartono, N. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 97-110. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5330