PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

Isi Artikel Utama

D.A. Puspitarini
I.M. Ardana
I.W.P. Astawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan disposisi matematika terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan analisis faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP/MTs Islam Rayon VII Kota Denpasar sebanyak 233 orang. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 76 orang dengan menggunakan cluster random sampling, untuk kelas eksperimen sejumlah 38 siswa dan kelas kontrol sejumlah 38 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan analisis anava dua jalur berbantuan SPSS 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran kooperatif Think Pair Share memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa 2) Disposisi matematika memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa 3)Terdapat interaksi antara pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan disposisi matematika dalam mempengaruhi pemahaman konsep siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Apriyanti, D., & Ayu, M. 2020. Think-Pair-Share: Engaging Students in Speaking Activities in Classroom. Journal of English Language Teaching and http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/english-language-teaching/article/view/246

Doyan, A., Khasanah, B. U., & Muliyadi, L. 2020. The effectiveness of quantum phenomenon learning media with think pair share model implementation on understanding concept of students. Journal of Physics . https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022037

Fitriatien, S. R. 2020. Evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10053

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. 2020. Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.641

Lestari, S. 2021. Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226

Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. Y. 2022a. Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349–358. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1486

Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. Y. 2022b. Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349–358. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1486

Mizaniya, M., & Muqowim, M. 2020. Model Pembiasaan Karakter Kedisiplinan melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di MI Al-Muhsin Yogyakarta. FONDATIA, 4(2), 205–221. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.882
Nabila, N. 2021. Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867–875. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170

Nadeem, M. A., & Nadeem, T. 2019. Evaluating effects of think pair share technique on the descriptive writing skill of secondary school learners. In Journal of Educational Research. jer.iub.edu.pk. https://jer.iub.edu.pk/journals/JER-Vol-22.No-2/14.pdf

Perawati, P., Sukendro, S., & Sulistyo, U. 2020. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Materi Pembelajaran IPA di Kelas VI SDN 113 Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 42–61. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9425

Sholichah, L., Rahmawati, E., & Dewi, G. K. 2022. Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1037–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2079