PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PERSEPSI GURU
Isi Artikel Utama
Abstrak
This research is a qualitative descriptive study that aims to explore information from the teacher's perception of the problems of developing students' creativity in learning mathematics. The subjects in this study were four mathematics teachers at MAN 2 Tasikmalaya. Collecting data using questionnaires, data analysis used is data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the problems of developing students' creativity in learning mathematics, namely: 1) limited learning time, 2) different abilities of children, 3) students did not understand the prerequisite material, 4) limited hand phones and student quotas, 5) participants students do not have a personal source book that is used as a guide for independent study, 6) teachers find it difficult to check the answers to various divergent questions, 7) teachers still have difficulty making questions with nuances of problem solving and investigation, 8) students have difficulty in answering questions that nuances of problem solving and investigation, 9) students' reasoning and mathematical abilities, 10) teachers have difficulty in preparing trial and error learning, 11) there are still students who do not pay attention to learning, 12) students are still not active in asking and answering .
Rincian Artikel
Referensi
Andreas Dewantoro, 2019. Pengaruh Optimisme terhadap kemampuan identifikasi peluang mahasiswa strata satu pada perguruan tinggi di Surabaya. Agora : Vol 7, No. 1
Babla.co.id/Bahasa-inggris-bahasa-indonesia
Budi Usodo, 2021. Memerdekakan pembelajaran matematika untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik. PPT disajikan dalam Webinar PPPMI Universitas Siliwangi, 30 September 2021
Didi Pianda dan Rahmawati Rahmawati, 2020. Peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan google classroom sebagai kelas digital berbantuan aplikasi geogebra. Alkhawarizmi, jurnal pendidikan dan pembelajaran matematika, Vol. 4, No. 2.
Endra K Prihadi, 2009. Breaking your mental Block. Gramedia : Jakarta
FA Rosada, 2016. Landasan teori. Https://eprints.walisongo.ac.id
Farah Indrawati, 2019. Hambatan dalam pembelajaran matematika. Simponi
Fatkhan Amirul Huda, 2019. Pengertian pembelajaran matematika. Fatkhan.web.id
Guru bagi.com/ KI dan KD matematika SMA-MA kurikulum 2013 tahun pelajaran 2021-2022
Hermansyah, 2020. Analisis teori behavioristic (Edward Tordinhe) dan implementasinya dalam pembelajaran SD/MI. Modeling : Jurnal program studi PGMI Vol 7 No 1
Ismi Zakiah, Hadi Kusmanto, 2017. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make and match terhadap kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika. Eduma Vol. 6 No. 1
Iyan Rosita Dewi Nur, 2016. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Pendidikan Unsika, Volume 4 Nomor 1
https:// ethesis- UIN-Malang.ac.id
https://id.wikipedia.org/wiki/matematika
https://KBBI.web.id
Justi Sitohang, 2017. Penerapan metode Tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Suara Guru: Jurnal Pendidikan SOSIAL Sains dan Humaniora, vol 3 no 4
La Hewi, Muhamad Saleh, 2020. Refleksi hasil PISA (The Programme for International Student Assesment) : Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. Vol 4 No 1, Hal 30-41
Luthfiyah Nurlaela, dkk 2019. Strategi belajar berpikir kreatif. Media guru digital Indonesia : Jakarta Utara
N P Yulianti, I N Sukajaya, N M S Mertasari, 2019. Pengaruh model pembelajaran Creative problem solving berbantuan media berbasis TIK terhadap kemampuan berfikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 1 Bangli. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran matematika Indonesia. Vol 8 No 2.
Puji Lestari, 2021.
Rahmawati, dkk. 2020. Efektifitas media pembelajaran interaktif berbantuan Web dalam mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, jurnal AKSIOMA, 9 (3).
Rahmi Ramadhani, 2020. Desain Pembelajaran Matematika Berbasis TIK : Konsep dan Penerapan. Yayasan kita menulis
Saniah Djahuno, 2017. Pengembangan soal – soal Open Ended pada pokok bahasan barisan dan deret bilangan di kelas XI A SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6
Sri Mahdalena, Endang Uliyanti, Tahmid Sabri, 2014. Penggunaan metode Tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V. Khatulistiwa : Jurnal pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3 No 3.
Tini Sumartini, 2016. Peningkatan kemampuan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa, Jurnal pendidikan matematika Vol. 2 no. 5
Titi Sukamti, 2017.Upaya peningkatan kreativitas belajar siswa menggunakan metode tanya jawab pada mata pelajaran Tematik.Iqra’ Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. Vol 5, No. 2.
Tri Mulyaningsih, Novisita Ratu, 2018. Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika pada materi pola bilangan. Jurnal Pendidikan Berkarakter FKIP UM Mataram. Vol 1 No 1 Hal 34 – 41
Undang – undang guru dan Dosen no. 14 tahun 2005
V Ariezka, 2021. Kajian Teoritik. https://repository.Unja.ac.id
Wahyu Indah. Eprints.umm.ac.id
Wendhie Prayitno, 2013. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran abad 21. Pmp Jogja. Kemddikbud.go.id/Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran