PEMBELAJARAN DARING DAN PROBLEMATIKANYA

Isi Artikel Utama

N. Kurniati

Abstrak

Abstrak


Pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia memaksa kegiatan pembelajaran disemua jenjang pendidikan termasuk Perguruan Tinggi dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana problematika yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran daring yang dilaksanakan pada matakuliah aljabar abstrak. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif  deskriptif dengan teknik survey. Pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada responden melalui Googleform. Sumber data adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang berjumlah 29 orang. Hasil yang diperoleh adalah sebagian besar mahasiswa terkendala pada masalah sinyal, kendala lain adalah mahasiswa kurang mampu mengoperasikan perangkat/aplikasi yang digunakan, masih banyak mahasiswa yang kurang bahkan tidak memahami materi yang dipelajari walaupun kenyataannya mereka merasa tertarik bahkan sangat tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan interaksi antara mahasiswa dan dosen serta buku yang digunakan sudah dianggap baik.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Aboagye, E. D. (2020). COVID-19 and E-Learning: the Challenges of Students in Tertiary. Sicial Education Research, Universal Wiser Publisher , 1-8.
Afnibar, D. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA DALAMKULIAH ONLINE. Al Irsyad Jurnal Bimbingan Konseling Islam , 187-195.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Basak Kumar, S. D. (2018). E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analisys. E-Learning and Digital Media , 192-216.
Dewi, K. D. (2019). Blended Learningkonsep dan implementasi pada pendidikan tinggi vokasi. Bali: Swasta Nulus.
Fifit Noviyanti, D. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis, Dampak Blended Learning menggunakan Edmodo. Desimal, Jurnal Matematika , 173-180.
Hariyanti, D. D. (2020). Identifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi covid-19 di kabupaten Jember. ALVEOLI, jurnal pendidikan biologi , 12-21.
Hoerunnisa, A. D. (2019). THE EFFECTIVENESS OF THE USE OF E- LEARNING IN MULTIMEDIA CLASSES TO IMPROVE VOCATIONAL STUDENTS' LEARNINGACHIEVEMENT AND MOTIVATION. Jurnal Teknologi Pendidikan , 123-137.
Kurniati, N. D. (2021). Blended Learning To improve Students' Learning Outcome In Abstract Algebra Course. Pijar MIPA , 310-316.
Kusumawati, E. d. (2020). Pengaruh Pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Psikologi , 139-149.
Lestyanawati, R. d. (2020). Strategies and Problems Faced by Indonesian Teachers in Conducting E-Learning System During COVID-19 Outbreak. CLLiENT Journal (Journal of Culture, Literature, Linguistics and English Teaching) , 71-82.
Mustakim dan Agustina, I. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19. Al Asma Journal Of Islamic Education , 1-12.
Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Sadikin, A. D. (2020). Pembelajaran Daring ditengah wabah Covid-19. BIODIK, Jurnal Ilmu pendidikan Biologi , 214-224.
Sumantri, A. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Utami, Y. P. (2020). Studi At Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) , 20-26.
Widodo, A. d. (2020). Problematika Pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal) .