Pengaruh Gaya Kepemimpinan Trasformasional, Iklim Sekolah, Motivasi Kerja, Etos Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di Sekolah Dasar Gugus R.A. Kartini Kota Denpasar Tahun 2022

  • I.N. Werna Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.P.W. Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: transformational leadership, school climate, work motivation, work ethic, teacher organizational commitmen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kepastian data simultan besaran pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, motivasi kerja, etos kerja guru, terhadap komitmen organisasional guru sekolah dasar di Guus RA Kartini di Kota Denpasar. Jenis penelitian ini adalah “ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar Gugus RA Kartini di Kota Denpasar yang berjumlah 212 orang. Pengambilan sampel dengan rumus solvin dan diambil secara random sebanyak 140 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dtudi dokumen. Data yang terkumpul dianalisis analisis linear berganda dengan Analisis Kolerasi Parsial. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Komitmen Organisasional Sekolah Dasar dengan koefisien korelasi sebesar 0,75% dan sumbangan efektif dan relative sebesar 15,98% dan 20,03 %. (2) Tidak ditemukan pengaruh yang signifikan Iklim Sekolah terhadap Komitmen Organisasional Sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,11% dan sumbangan efektif dan relative sebesar 08,66% dan 10,86 % (3). Ada pengaruh yang signifikan Motivasi Kerja terhadap Komitmen Organisasional Sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,33 dan sumbangan efektifnya dan relative sebesar 27,40 % dan 34,77 %. (4) Ada pengaruh yang signifikan Etos kerja Guru terhadap Komitmen Organisasional Sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,35 % dan sumbangan efektif dan relative sebesar 27,74 dan 34,77 %. (5) Ada pengaruh secara simultan yang signifikan Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah, Iklim Kerja, Motivasi Kerja dan Etos Kerja dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 ( 0,00<0,05) dan sumbangan efektif sebesar 79,79 % terhadap komitmen organisasi sekolah di Gugus RA Kartini Kecamatan Denpasar Barat Dinas pendidikan Kota Denpasar.

Referensi

Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108–139. https://doi.org/10.24239/ msw.v12i1.591

Firdaus Erwin, D. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan (Simarmata Janner (ed.); I). Yayasan Kita Menulis.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamsah, H., Syamsudduha, S., & Rahman, U. (2019). Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 237. https://doi.org/10.24252/idaarah .v3i2.10264

Harapan Edi, A. S. (2016). Komunikasi Antar Pribadi; Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan (kedua). Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381

Irianto, P. D. (2011). Pendidikan sebagai investasi dalam pembangunan suatu bangsa. Jakarta : Kencana.

Listya, Y., Siahaan, O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem kompensasi dan kepuasan kerja guru tidak tetap di sebuah SMK Swasta di Indonesia ( compensation system and job satisfaction of non-permanent private vocational high school teachers in indonesia ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.17509/ jpm.v4i2.18008

Normina, N. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Ittihad, 14(26), 71–85. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.874

OECD. (2021). 21st-Century Readers: Developing Literacy Skills in a Digital World. PISA. OECD Publishing Paris. https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en.

Oupen, S. M., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru Sd. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 11(1), 32–41. https://www.researchgate.net/profile/Teguh-Purnomo-3/publication/357078373_kajian_ manajemen_biaya_pendidikan_dalam_meningkatkan_kualitas_layanan_pada_perguruan_tinggi_bidang_maritim/links/61bae23dfd2cbd7200a32539/kajian-manajemen-biaya-pendidikan-dalam-me

Peraturan Pemerintah RI No 57. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf

Raihani. (2010). Kepemimpinan Sekolah Transformatif (Arifin Ahmala (ed.); 1st ed.). Jakarta: PT. LKiS Printing Cemerlang.

Regina, B., Soeaidy, S., & Ribawanto, H. (2019). DI KOTA MALANG ( Studi di Dinas Pendidikan Kota Malang ). Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 61–66. https://media. neliti.com/media/publications/80890-ID-implementasi-kebijakan-bantuan-operasion.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Werang, B. R. (2018). Pengaruh Keterampilan Managerial Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Komitmen Kerja Guru Sekolah Dasar Kristen di Kabupaten Boven Digoel. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 159. https://doi.org/10.24235/al.ibtida. snj.v5i2.2650

Zulaikha, Z. (2017). Perlukah Branding pada Sekolah? Studi Kasus pada SMP Swasta di Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(2), 92–104. https://doi.org/10.25139/jkp. v1i2.425

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles