Kontribusi Kelengkapan Media Pembelajaran, Manajemen Kelas, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Peminatan Kejuruan Pada Siswa Kelas XI Jurusan Perhotelan

  • D.M.W. Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • D.G.H. Divayana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Hasil Belajar Mata Pelajaran Perminatan Kejurusan, Kelengkapan Media Pembelajaran, Manajemen Kelas, Motivasi Berprestasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kelengkapan media pembelajaran, manajemen kelas, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Peminatan Kejuruan pada siswa kelas XI Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 1 Sukasada. Populasi dalam penelitian 140 orang siswa. Sampel sebanyak 103 orang siswa diperoleh dengan teknik random sampling. Data kelengkapan media pembelajaran, manajemen kelas, dan motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan dengan studi dokumen hasil belajar siswa di sekolah. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Berdasarkan analisisi data penelitian didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat kontribusi yang siginifikan kelengkapan media pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran peminatan kejuruan pada siswa kelas XI jurusan perhotelan di SMK Negeri 1 Sukasada, dengan kontribusi sebesar 37,9% dan sumbangan efektif sebesar 14,39%, 2) terdapat kontribusi yang siginifikan manajemen kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran peminatan kejuruan pada siswa kelas XI jurusan perhotelan di SMK Negeri 1 Sukasada, dengan kontribusi sebesar 54,5% dan sumbangan efektif sebesar 23,32%, 3) terdapat kontribusi yang siginifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata pelajaran peminatan kejuruan pada siswa kelas XI jurusan perhotelan di SMK Negeri 1 Sukasada, dengan kontribusi sebesar 54,9% dan sumbangan efektif sebesar 24,86%, dan 4) terdapat kontribusi yang siginifikan secara simultan kelengkapan media pembelajaran, manajemen kelas, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Peminatan Kejuruan pada siswa kelas XI jurusan perhotelan di SMK Negeri 1 Sukasada, dengan kontribusi sebesar 62,6%.

Referensi

Agung, A.A. G. 2015. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A.A. Gede. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas pendidikan Ganesha.
Chan, Faizal, dkk. 2019. Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education. Volume 3, Number 4.
Dantes, 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta : C.V Andi Offset.
Daryanto. 2016. Media pembelajaran : Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta Gava Media.
Daryanto. 2017. Panduan Proses pembelajaran Kreatif & Inovatif : Teori & Praktik dalam Pengembangan profesionalisme bagi Guru. Jakarta : AV. Publisher.
Divayana, D.G.H. 2018. Asesmen & Evaluasi (Buku Ajar Pendidikan Teknik Informatika. Depok: Rajawali Pers.
Divayana, D.G.H. 2019. Asesmen & Evaluasi (Buku Ajar Pendidikan Teknik Informatika. Singaraja: Undiksha Press.
Djaali. 2018. Psiklogi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Persada.
Ismawati, Lilik. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Di Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, dan Keuangan Unesa Volume 1 Nomor 2.
Mahendra, Ida Bagus Oka, dkk. 2018. Kontribusi Status Sosial Ekonomi, Motivasi Berprestasi, Budaya Sekolah, dan Disiplin Belajar, Terhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Volume 9 Nomor 2.
Nurwidayanti, Dewi dan Mukminan. 2018. Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Jurnal Pendidikan IPS Undiksha Volume 5 Nomor 2.
Seni, Ni Rai, dkk. 2016. Kontribusi Biaya Pendidikan dan Pengelolaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Volume 9 Nomor 1.
Suardani, Luh. 2019. Kontribusi Praktik Kerja Industri (Prakerin), Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Tata Graha Siswa kelas XII Jurusan Perhotelan di SMK N 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Volume 10 Nomor 1.
Sukada, I K., dkk. 2013. Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Kintamani. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Sudi Administrasi Pendidikan. Volume 4.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, Hamzah B. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran : Visual-Audio Visual-Komputer-Power Point-Internet-Interactive Video. Kata Pena.
Widiantara, Made., dkk. 2013. Determinasi Kualitas Pengelolaan Pembelajaran, Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas X SMK PGRI 5 Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Sudi Administrasi Pendidikan. Volume 4
Yamin et al. 2017. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta : Gaung Persada Press
Yudana, 2010. Orasi Guru Besar 4 Desember 2010 : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Tidak dipublikasikan.
Diterbitkan
2021-08-26
Bagian
Articles