Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kelengkapan Sarana dan Prasarana Terhadap Kinerja Guru

  • N. Nilon Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Kelengkapan Sarana dan Prasarana, Kepemimpinan Pelayan, Kinerja Guru, Motivasi Kerja

Abstrak

Studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi kontribusi antara variabel kepemimpinan pelayan kepala sekolah, motivasi kerja dan kelengkapan sarana dan sarana terhadap kinerja guru. Studi ini terketegori ex-post facto dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan teknik sample jenuh, sehingga jumlah sample penelitian sama dengan jumlah populasi yakni 86 orang guru. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dari variabel kepemimpinan pelayan kepala sekolah, motivasi kerja dan kelengkapan sarana dan sarana serta kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 7,4% 2) terdapat kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 28,55%; 3) terdapat kontribusi kelengkapan sarana dan prasarana terhadap kinerja guru sebesar 14,64%; 4) terdapat kontribusi secara simultan antara kepemimpinan pelayan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kelengkapan sarana dan prasarana terhadap kinerja guru sebesar 50,6%.

Referensi

Agung, A.A. G. 2004. Evaluasi Pendidikan " Suatu Pengantar" . Singaraja: IKIP Negeri Singaraja Singaraja.

Agung, A.A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Aditya·Media Publishing .

Agung, A.A. G. 2015. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Dimyati, 2001. “Hubungan Antara Perilaku Pengaturan Tugas dan Hubungan Manusiawi Para Kepala Biro dan Keefektifan Kerja Pegawai Administrasi”. Tesis. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP.

Engkoswara dan Komariah. 2010. Menuju Indonesia Modern 2020. Bandung: Yayasan Amal Keluarga.

Gorda. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar : Widya Kriya Gematama.

Halpin. 1971. Leader Behavior Description Questionare (LBDQ). Ohio State University.

Mudiartha Utama, dkk. 2000. “Pengaruh Moral Karyawan dan Komitmen Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior dan Kinerja Individual Karyawan (Studi Kasus Di Rama Beach Resort & Villas)”.

Wahjosumidjo, 2001. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winardi, 19970. Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Raja Greafinfo Persada.

Diterbitkan
2021-08-31
Bagian
Articles