Evaluasi Penerapan Sistem "Layonsari" (Layanan Online Satu Jari) di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha

  • I Made Darmana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Sistem Layonsari, Studi Evaluasi, CIPP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi secara terpisah maupun bersama sama pada context, input, process, product dan kendala-kendala yang terjadi dalam penerapan sistem Layonsari di FBS Undiksha. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Populasi pada penelitian ini berjumlah 1953 orang, sedangkan  sampel berjumlah 376 orang. Data context, input, process, product pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas penerapan sistem Layonsari skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) Efektifitas penerapan sistem Layonsari ditinjau dari conteks diperoleh hasil efektif (+), 2) Efektifitas penerapan sistem Layonsari ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), 3) Efektifitas penerapan sistem Layonsari ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+), 4) Efektifitas penerapan sistem Layonsari ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+), 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap penerapan sistem Layonsari ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil sangat efektif (+ + + +), dan 6) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan sistem Layonsari adalah 1) beberapa pengelola bukan dari orang yang berkompetensi seperti tamatan SMA dan sudah cukup umur, 2) beberapa tenaga kependidikan masih belum siap menggunakan aplikasi baru, 3) Beberapa mahasiswa memang ada yang belum siap dikarenakan ada yang belum menggunakan smartphone atau masalah kuota, 4) Dana yang digunakan masih minim, dan 5) Pedoman kurang disosialisasikan secara jelas ke mahasiswa.

Referensi

Anggraeni Elisabet Yunaeti, dan Irviani, Rita. 2017. Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta; Andi Offset

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bhakti, Yoga Budi. 2017. Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah Volume 1 Nomor 2.

Dimas. 2015. Pengertian SI (Sistem Informasi) di https://www.kompasiana.com/dimasosd/55291077f17e6126268b48b6/pengertian-si-sistem-informasi/ (diakses tanggal 3 Juli 2019).

Parmadi, dkk. 2013. Studi Evaluasi Tentang Pelaksanaan Program pengembangan Diri Pada SMP Negeri di Kecamatan Negara. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013).

Riyanto, dkk. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Praktik Industri Dengan Menggunakan Model CIPP Pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Volume 10 Nomor 2.
Diterbitkan
2021-08-26
Bagian
Articles