Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru

  • L.S. Apriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.G Agung Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Kepemimpinan Pelayan, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional guru SMK Kesehatan Widya Dharma Bali. Penelitian ini merupakan penelitian “ex-post facto” melibatkan 25 guru di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan kuesioner serta dianalisis dengan analisis regresi sederhana, teknik deskriptif statistik, regresi berganda korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontrbusi yang signifikan antara: (1) kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap komitmen organisasional guru dengan sumbangan efektif sebesar 16,00%, (2) motivasi kerja terhadap komitmen organisasional guru dengan sumbangan efektif 61,10%, (3) kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional guru 18,10%, (4) secara simultan, terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan pelayan kepala sekolah, motivasi kerja dan kepuasan kerja dengan sumbangan efektif sebesar 95,20% terhadap komitmen organisasional guru SMK Kesehatan Widya Dharma Bali.

Referensi

Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Depublish.
Aref K. (2011). “The Relationship Between Job Satisfaction and Organizational Commitment Amongst School Teachers In Shiraz, Iran. Journal Of American Science.
Gibson. 2009. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jakckson, John H dan Mathis, Robert L. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Salemba Empat Patria.
Palta A. (2018). “Examination Of Teacher’s Perceptions About Servant Leadership and Organizational Commitment. International Education Studies”. Canadian Center of Science and Education. Volume 12. ISSN: 1913-9039
Ratmini, Natajaya, dkk.(2019). “Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 10. ISSN:2613-9561.
Ratna, Natajaya,dkk. (2019). “Determinasi Servant Leadership, Karakteristik Individu, Motivasi Kerja dan kepuasan Kerja Terhadaap Komitmen Guru Di SMAN 1 Gianyar”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 10. ISSN: 2613-9561.
Robbins. 2006. Pengaruh Perilaku Organisasi. Jakarta: CV Gravindo.
Spears, Larry C. 2010. Character and Servant Leadership; Ten Characteristies of Effektive, Caring Leader. The Journal of Virtues Leadership. Vol. 1 Iss. 1. School of Global Leadership & Enterpreneurship. Regent University.
Sujianto, Bedjo. 2018. Pengelolaan Sekolah Permasalahan dan Solusinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijania, (2017). “Kontribusi Kepemimpinan Pelaayn Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru”. Universitas Pendidikan Ganesha. ISSN:1858-4543
Yulia, Agung, A. A. Gede, dkk.(2019). “Kontribusi Implementasi Manajemen Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan PelayanKepala Sekolah, Kecerdasan Spriritual, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri di Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Provinsi Bali”. Universitas Pendidikan Ganesha. Vouleme 10. ISSN: 2613-9561.
Diterbitkan
2021-08-27
Bagian
Articles