Evaluasi Pelaksanaan Penggunaan Bantuan Operasional Sekolah Daerah Tahun Anggaran 2020 dengan Model CIPP (Studi Kasus Pada Smk Negeri Se-Kota Denpasar)

  • Y. Sutrisnawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: BOSDA, Studi Evaluasi, CIPP

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menginvestigasi hasil evaluasi terpisah dan bersama dalam context, input, process, product dan berbagai kendala yang dihadapi pada pelaksanaan penggunaan BOSDA Tahun Anggaran 2020 pada SMK Negeri se-Kota Denpasar. Penelitian evaluasi program dengan Model CIPP menjadi dasar penelitian ini. Ada sebanyak 26 orang yang menjadi populasi sekaligus keseluruhannya dijadikan sampel penelitian dengan mempergunakan teknik sampel jenuh. Data context, input, process, product berhasil terkumpul menggunakan kuesioner skala Likert 1-5. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Dalam hal penentuan efektivitas pelaksanaan penggunaan BOSDA ini, skor mentah data ditransformasi menjadi Z-skor kemudian ke T-Skor dan diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Hasil dalam penelitian ini yaitu: 1) Efektifitas pelaksanaan penggunaan BOSDA ditinjau dari context diperoleh hasil negatif (-), 2) Efektifitas pelaksanaan penggunaan BOSDA ditinjau dari input diperoleh hasil negatif (-), 3) Efektifitas pelaksanaan penggunaan BOSDA ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+), 4) Efektifitas pelaksanaan penggunaan BOSDA ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+), 5). Secara bersama, hasil evaluasi terhadap pelaksanaan penggunaan BOSDA ditinjau dari variabel CIPP, diperoleh hasil kurang efektif (- - + +), dan 6). Beberapa tantangan yang terbukti dihadapi pada saat pengoperasian BOSDA adalah terdapat ketidaksesuaian penggunaan BOSDA dengan kebijakan pemerintah, kurangnya kesiapan dari pengelola BOSDA, kurang kejelasan dari landasan hukum pengunaan BOSDA.

Referensi

Agustanico Dwi Muryadi. 2017. “Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi”. Jurnal Ilmiah, Universitas Tunas Pembangunan, Surakarta.

Indrawan,Rully dan Poppy Yaniawati.2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Campuran. Bnadung: Reflika Aditama.

Fauziyyah, Nur Azizah, dkk. 2018. “Analisis Efektivitas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Kota Bandung”. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 13Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020.

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Gubernur Nomor 61 Tahun 2019, tentang Honorarium dan Satuan Biaya Jasa Kantor pada Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali.

Peraturan Gubernur Bali Nomor 68 Tahun 2019, tentang Fasilitas Dana Pendamping Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).

Petunjuk Teknis tahun 2019, tentang Penyusunan Rencana Kerja anggaran (RKA) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) Bagi SKPD dan BLUD Pemerintah Provinsi Bali Tahun Anggaran 2020.

Priyono, Suci.2019. “ Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SMK Negeri 1 Kebumen”. Tesis, Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta.

Sitompul, Tiurma Rosmauli. 2018. “Analisis Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah pada Setiap Kecamatan di Kabupaten Bengkayang”. Tesis, Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sunardi. 2017. “Efektivitas Penggunaan Program Bantuan Operasional Sekolah (Bos) di SMK Kristen Immanuel Kota Pontianak Program Keahlian Akuntansi Dengan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) (Jurnal MAKSI UNTAN) 2(4)

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Diterbitkan
2021-08-26
Bagian
Articles