Studi Evaluasi Pelaksanaan Program Supervisi Kepala Sekolah di SMP Negeri 3 Kuta

  • I.W.C. Ariyawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: evaluasi, supervisi akademik, kepala sekolah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan pelaksanaan program supervisi kepala sekolah di SMP Negeri 3 Kuta, pada komponen : (1) konteks, meliputi : landasan hukum, visi - misi - tujuan pengawas sekolah dan komitmen pengawas sekolah, (2) input, meliputi : kompetensi supervisi akademik, program supervisi akademik dan sarana penunjang, (3) proses, meliputi : pelaksanaan program supervisi akademik, (4) hasil, meliputi : kinerja guru. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan Ex Post Faxto menggunakan model CIPP dari Stufflebeam. Alat pengumpul data dengan instrumen berupa kuesioner. Lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 3 Kuta kabupaten Badung pada tahun ajaran 2021/2022, melibatkan sampel sebesar 32 responden yang terdiri dari kepala sekolah dan guru. Penentuan ukuran sampel  menggunakan teknik cluster proporsional random sampling berdasarkan tabel Robert V. Krejcie dan Daryle W. Morgan. Pengolahan data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan rumus univariat dengan criterium ideal teoretik,  serta  dianalisis  memakai Kuadran Glickman berbasis dengan arah T – Skor. Hasil analisis univariat untuk  variabel konteks berkatagori efektif, variabel masukan berkatagori efektif, variabel proses berkatagori efektif, dan variabel hasil berkatagori efektif. Dari analisis T – Skor didapatkan arah T > 50 adalah positif (efektif)  untuk variabel konteks,  T  > 50 adalah  positif (efektif) untuk  variabel masukan, T > 50 adalah positif (efektif) untuk variabel proses, dan arah T ≤ 50 adalah negatif (kurang efektif) untuk variabel hasil. Perbedaan katagori untuk variabel hasil disebabkan adanya perbedaan oleh kriteria, analisis univariat memakai  kriteria teoretik didasarkan pada mean ideal dan standar deviasi ideal, sedangkan T – Skor merupakan angka yang menunjukkan perbandingan perbedaan skor responden dari mean dan standar deviasinya. Dari arah T – Skor dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 3 Kuta adalah efektif..

Referensi

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. PT. Rineka Cipta.

Brown, H. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. Inc. A Pearson Education Company.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.

Made, P. (1992). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Nanda, Y., & Suyanto, T. (2019). Pembentukan Kedisiplinan Siswa Melalui Program Pendidikan Karakter “Dedicate” Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1504025401, 1301–1315.

Sax, G. (1989). Principles of Education and Psychological Measurement ad Evaluation. Belmout Wadswoth. Inc.

Stufflebeam, D. L., J, A., & Shinkfield. (1986). Systematic Evaluation: A Self-Intructional Guide to Theory and Practice. Kluwer-Nijhoff Publishing.

Sujana, N. (2007). Pengembangan Pengawasan Satuan Pendidikan.

Tilaar, H. A. . (1999). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. PT Remaja Rosdakarya.

Tri Yuni Hendrowati. (2015). Pembentukan pengetahuan lingkaran melalui pembelajaran asimilasi dan akomodasi teori konstruktivisme Piaget. Jurnal E-DuMath, 1(1), 1–16.

Diterbitkan
2022-06-30
Bagian
Articles