Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, Disiplin Kerja, dan Supervisi Pendidikan Terhadap Profesionalisme Guru di SMP Tunas Daud Denpasar

  • D.A. Kakomore Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: gaya kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja, disiplin kerja, supervisi pendidikan, profesionalisme guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesinalisme guru, (2) kontribusi etos kerja terhadap profesinalisme guru, (3) kontribusi disiplin kerja terhadap profesinalisme guru, (4) kontribusi supervisi pendidikan terhadap profesinalisme guru, (5) kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja, disiplin kerja, dan supervisi pendidikan secara bersama-sama terhadap profesinalisme guru di SMP Tunas Daud Denpasar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 31 orang guru. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan model skala Likert. Tek inik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat: (1) berkontribusi positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru sebesar 0,217, dengan sumbangan efektif sebesar 5,425%, (2) berkontribusi positif signifikan etos kerja terhadap profesionalisme guru sebesar 0,693, dengan sumbangan efektif sebesar 39,224 %, (3) berkontribusi positif signifikan disiplin kerja terhadap profesionalisme guru sebesar 0,276 dengan sumbangan efektif sebesar 7,176 % ,(4) berkontribusi positif signifikan supervisi pendidikan terhadap profesionalisme guru sebesar 0,584 dengan sumbangan efektif sebesar 21,55 %, dan (5) berkontribusi yang signifikankepemimpinan pelayan kepala sekolah, etos kerja, budaya kerja, dan komitmen orgainisasi secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru dengan  sumbangan efektif sebesar 73,4 %. Hal ini berarti keempat variabel tersebut mempunyai kontribusi signifikanterhadap profesinalisme guru di SMP Tunas Daud Denpasar.

Referensi

Djam’an Satori. 1997. Supervisi Akademik (Teori dan Praktek), (Jakarta. Depdikbud)

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Saud, Udin Syaefudin. 2008. Pengembangan Profesi Guru. Bandung : CV.Alfabeta.

Sugiyono, & Susanto, A. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel (Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian). Bandung: CV Alfabeta.

Sunu, I.Gst.Ketut Arya. 2014. Studi Kebijakan NAsional. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinera Guru. Jakarta : Prenadamedia Grup.

Timbuleng, Stela. 2015. Etos Kerja, Disiplin Kerja, dan Komitmen Organisasi Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan pada PT Hasjrat Abadi Cabang Manado. Jurnal EMBA, Vol.3 No.2, Juni 2015.

Utari, Kania Teja,& Rasto, Rasto. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.4 No.2. Juni 2019

Yusutria. 2017. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas SUmber Daya Manusia. Jurnal Curricula, Vol 2 No.1.

Diterbitkan
2022-07-01
Bagian
Articles