Evaluasi Penggunaan Digital Library SMA Negeri di Kabupaten Buleleng

  • N.K.R.M. Sudibyo Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: evaluasi, Digital library, CIPP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui efektifitas digital library dari komponen context;  2) mengetahui efektifitas digital library dari komponen input; 3) mengetahui efektifitas digital library dari komponen proses; 4) mengetahui efektifitas digital library dari komponen product; 5) mengetahui efektifitas digital library secara bersama sama pada context, input, process, product; dan 6) mengetahui kendala-kendala dalam penggunaan digital library di SMA Negeri Kabupaten Buleleng. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Singaraja, SMAN 1 Banjar, SMAN 1 Seririt, dan SMAN Bali mandara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian evaluasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru dari 4 sekolah tersebut. Sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan mempergunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengubah skor mentah kedalam skor Z (z-skor) dilanjutkan ke arah skor T kemudian di konversikan ke dalam kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas penggunaan digital library ditinjau dari conteks diperoleh hasil efektif (+), efektifitas penggunaan digital library ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), efektifitas penggunaan digital library ditinjau dari process diperoleh hasil kurang efektif (-), efektifitas penggunaan digital library ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+). Secara keseluruhan evaluasi variabel context, input, process, dan product pada penggunaan digital library SMA Negeri di Kabupaten Buleleng tergolong efektif (+ + - +).

Referensi

Agung, Anak Agung Gede and I. Wayan Koyan. 2016. Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Agung, Anak Agung Gede and I. Wayan Koyan. 2020. Evaluasi Program Pendidikan. Singaraja: Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Antoro, Soji. 2020. Evaluasi Pengelolaan e-learning dengan model CIPP di SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan. Jurnar manager pendidikan.Volume 15, Nomor 1, halaman 59-70.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Kadarsih, Pujianto, Muhajir. 2016. Evaluasi Digital Library AMIK AKMI Baturaja Menggunakan Hot Fit Model. Prosiding ANNUAL RESEARCH SEMINAR, Palembang: Universitas Sriwijaya.

Nova, I, W, Rita, Y, Bagus, W. 2019. “Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM”. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI. Volume 3, Nomor 1, halaman 38-64.

Purwaningsih & Athanasia, O, P, D. 2019. “ Evaluasi Kualitas Layanan Perpuastakaan Digital IJATENG Menggunakan Metode Digiqual”. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN. Volume 8, Nomor 4, Halaman 214-227.

Sasangko & Hartanto. 2015. Evaluasi Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi Berdasarkan Karakteristik Perpustakaan Digital. Yogyakarta: Jurusan Teknik Elektro UGM.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA.

Sunu, Arya, I G K. 2010. Pengelolaan Pendidikan Multikultural (Studi Kasus pada SMP/MTs di Provinsi Bali. Desertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Syahdatul, A’yan. 2019. Evaluasi Karakteristik Perpustakaan Digital Pada Perpustakaan Digital UNIMED. Medan: Departemen Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Winda, A, A, Yani, N, Sony, W. 2019. “Evaluasi Guideline dan E-learning Digital Literacy Menggunakan Model CIPP”. JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI. Volume 4, Nomor 1, Halaman 99-104.

Diterbitkan
2022-07-01
Bagian
Articles