MODEL STRUKTURAL KONSEP DIRI, KECEMASAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Main Article Content

N.N.A. Wulandari
I.M. Candiasa
I.M. Sugiarta

Abstract

Pembelajaran tanpa tatap muka baik secara online maupun offline menyebabkan siswa sering merasa cemas. Selain pembelajaran, faktor lain yang diduga dapat menimbulkan rasa cemas adalah konsep diri. Rasa cemas pada akhirnya berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi model struktural dari  konsep diri akademik, kecemasan matematika dan prestasi belajar matematika. Penelitian tergolong bentuk penelitian ex post facto dengan teknik analisis data menggunakan SEM berbantuan aplikasi Lisrel. Populasi dalam penelitian melibatkan seluruh siswa kelas VII SMP dengan sampel yang diteliti ditentukan menggunakan rumus Isaac-Michael yang dipadukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif antara konsep diri akademik terhadap kecemasan matematika, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara konsep diri akademik terhadap prestasi belajar matematika, (3) terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif antara kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika. Temuan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi guru maupun orang tua mengenai pentingnya menjaga stabilitas konsep diri akademik dan kecemasan matematika siswa agar dapat mencapai prestasi belajar matematika yang maksimal.

Article Details

Section
Articles

References

Artama, E. N. N., Amin, S. ., & Siswono, T. Y. . (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 34–40. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p34-40
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 54–67. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005
Blegur, J. (2020). Soft Skills untuk Prestasi Belajar. Scopindo Media Pustaka.
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. ANDI.
Dewi, D. V., & Purwanto, A. J. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan LMS Google Classroom Mata Pelajaran Matematika Materi Eksponen dan Logaritma pada Siswa Kelas X ACP SMK Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo dan SMK Negeri 1 Pujer Bondowoso. Mitra Pendidikan, 2(2), 69–75. https://doi.org/https://doi.org/10.47360/jmp.v2i2.73
Faulinda, E. N., & Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Handayani, S. D. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Susunan Artikel Pendidikan, 4(1), 59–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i1.3708
Hattie, J. (2014). Self Concept. Psychology Press.
Herman, M., Pentek, T., & Otto, B. (2015). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios: A Literature Review. Technische Universitat Dortmund, 1(1), 4–16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29269.22248
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84
Ikhtiarini, R. A., & Wakhid, A. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Proses Pembelajaran Daring pada Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(4), 879–888. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/1309
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima:Jurnal Pendidikan Matematilka, 4(2), 75–83. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591
Lutfiana, D., & Zakiyah, E. (2021). Hubungan Konsep Diri Akademik dan Self Regulated Learning dengan Stres Akademik Santri dalam Mengikuti Pembelajaran Daring. Journal of Indonesian Psychological Science, 01(01), 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/jips.v1i01.14922
Mammarella, I. Cm. (2019). Mathematics Anxiety:What is Know and What is Still Missing. Routledge.
Naderi, M. D., Hafezi, F., & Dasht Bozorgi, Z. (2021). The Mediating Role of Mathematics Self-concept in the Association of Self-esteem and Classroom Environment Perceptions with Math Anxiety in Students. International Journal of Health and Life Sciences, 7(3). https://doi.org/10.5812/ijhls.117368
Nopela, L. A., Lestari, A., Lorenza, S., & Syafri, F. S. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Kelas VII Terhadap Hasil Belajar Di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Derivat, 7(2), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1050
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Peker, M. (2009). Pre-Service Teachers’ Teaching Anxiety about Mathematics and Their Learning Styles. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Eductaion, 5(4), 335–345. https://doi.org/10.12973/ejmste/75284
Pyrczak, F., & Tcherni-Buzzeo, M. (2018). Evaluating Research in Academic Journals: A Practical Guide to Realistic Evaluation. Taylor & Francis.
Ramirez, G., Shaw, S. T., & Maloney, E. A. (2018). Math Anxiety: Past Research, Promising Interventions, and a New Interpretation Framework. Educational Psychologist, 53(3), 145–164. https://doi.org/10.1080/00461520.2018.1447384
Rohim, H., & Darwanto. (2020). Pendidikan untuk menyambut masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 399–405. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3852
Rossnan, S. (2006). Overcoming Math Anxiety. Mathitudes, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.1090/mbk/062/04
Setiadi, Y. (2018). Hubungan Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kecemasan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 119. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1066
Silvester, & Sumarni, M. . (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 4(2), 92–104. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i2.1528
Situmorang, A. G., Sipayung, R., Simarmata, E. J., & Silaban, P. J. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1358–1362. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/547
Sobur, A. (2016). Psikologi Umum. CV Pustaka Setia.
Suhadianto, & Ananta, A. (2021). Konsep Diri Akademik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Sukma:Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2), 178–191. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sukma/article/view/6013
Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2021). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492
Vivin, Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). Kecemasan dan Motivasi Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 240–257. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276
Yeni, M. (2021). Jangan Ajari Aku Harga Diri yang Rendah. Anak Hebat Indonesia.