PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PHET INTERACTIVE SIMULATION

Main Article Content

S.C. Sihombing
M. Sigiro
G.H.D. Sinaga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi dengan menggunakan Phet Interactive Simulation. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII 7 SMP Negeri 13 Medan. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling purposive, dimana teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Ekperimental Designs. Jenis desain penelitian one group Pretest-Posttest design. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen yaitu kelas VIII 7. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Cooperative Laerning, sebelum memberi perlakuan diberikan Pretest dan Posttest untuk melihat hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi peserta didik. Data Pretest dan Posttest yang diperoleh telah dianalisis dan memenuhi prasyarat. Hasil uji hipotesis t – test satu pihak diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 33,29 > 2,05 dengan α = 0,05, berdasarkan kriteria pengujian, hipotesis yang diterima yaitu Ha yang berarti adanya pengaruh perlakuan model pembelajaran Cooperative Learning pada materi usaha dan energi terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Phet Interactive Simulation di SMP Negeri 13 Medan tahun pelajaran 2022/2023.

Article Details

Section
Articles

References

Angelica, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Batang Napier Terhadap Hasil Belajar Siswa Asthoffaina. JP2MIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 7(1), 100-104 . https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i1.1414

Fadillah, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Perilaku Prososial Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 91–102. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2008

Fajri, N., Yoesoef, A., & Nur, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1), 98–109. https://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/1780

Fatmawati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Proses Pembelajaran Fisika Pada Materi Usaha Dan Energi. 5(3), 248–253. http://repository.radenintan.ac.id/20591/

Hutasoit, R. Y., Sitompul, C. M. E., Perangin-angin, A., & Susanto, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Media Phet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Vektor. Jurnal Peneltian Fisikawan, 6(1), 15–24. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/2070

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 117. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Mardiyanti, N. E. A., & Jatmiko, B. (2022). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Phet Interactive Simulations untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. JIPF: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 328. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5281

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pardede, H., Nagur, M. D., Silaban, B., Nababan, T., & Turnip, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3387–3392. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.839

Rahayu, C. D., & Sartika, S. B. (2020). Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP melalui Penggunaan Phet Interactive Simulations. SEJ: Science Education Journal, 4(1), 63–76. https://doi.org/10.21070/sej.v4i1.750

Samin. (2019). Hasil Belajar Matematika Melalui Kooperatif Learning dan Kemandirian Belajar. JIKAP: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 162. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/3679

Satriya, I., Pradana, B., Tien, Y., Tacoh, B., Informasi, F. T., & Pembelajaran, V. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Melalui Microsoft Teams Terhadap Hasil Belajar Pengolahan Audio Video. Jurnal Education and Develpment, 9(4), 65–73. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.2874

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tibrani, M., Anggraini, N., Riyanto, & Nazip, K. (2022). Pendampingan Simulasi Pemodelan Sains Menggunakan Software PhET Simulations Sebagai Media Pembelajaran Digital Berbasis Virtual Laboratory Bagi Guru IPA Palembang. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 169–178. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.21183

Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika. JPIF: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448