ANALISIS MODEL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN

Main Article Content

T.E. Saputri
W. Sutriani
A. Efendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji skenario dan implementasinya, reaksi guru dan siswa, serta kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan tugas. Pemahaman konsep matematika sangat penting bagi siswa kelas 5 SD karena menyangkut penemuan pola pikir internal siswa. menyampaikan gagasan matematika dari yang  abstrak ke yang konkrit. Melalui pendidikan matematika praktis, siswa dapat menciptakan banyak konsep tentang materi pecahan sederhana menjadi sesuatu yang konkrit dan dapat digunakan untuk mengurangi kesulitan belajar untuk membuat matematika  lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara Skenario menunjukkan  temuan praktis, khususnya bagi siswa pembelajaran dapat  lebih aktif dengan  memberikan media pengalaman belajar kepada guru interaksi konkrit dan sosial antara  guru atau teman sebaya. Masukan dari guru dan siswa sangat baik. Kesulitan yang dihadapi siswa ketika menyelesaikan tugas mengenai pemahaman konsep Pecahan terdapat pada indikator yang membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain diberikan dan mengarang cerita  sesuai dengan presentasi yang disajikan. Berdasarkan hasil  dan pembahasan  penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa berdampak pada kemampuan siswa kelas 5 dalam memahami konsep matematika  khususnya untuk Matematika tentang bilangan campuran setelah menerapkan metode RME.

Article Details

Section
Articles

References

Angi, M. S. (2019). Efektivitas Metode Outdoor Study Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SDN 66 Kota Bengkulu. Skripsi Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, 34–41. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2825/

Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 151. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17902

Arintasari, I. Z., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Keefektifan Media Roda Pecahan Berbantu Model Realistic Mathematic Education (RME) pada Mata Pelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4), 366. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21308

Ayu, F., & Syariffuddin, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Local Instructional Theory Kelas V Sekolah Dasar Topik Perkalian Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Basicedu, 5(6), 6339–6348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1725

Charisma, N., & Heldayani, E. (2022). Pengaruh karakteristik gender terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 32 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 257–268. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.661

Prismayadi, A. V., & Mariana, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Rme Berbasis Etnomatematika Materi Pecahan Menggunakan Konteks Kue Spiku. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(2), 133-146. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/21200

Rachman, T. (2018). Pengembangan Modul Pemelajaran Matematika Materi Pecahan Untuk Kelas V Sd/Mi. Journal Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Sinaga, A. R. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pecahan di Kelas IV SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 11(1), 13-21. https://doi.org/10.24815/pear.v11i1.31128

Sumiati, & Wulandari, M. A. (2021). Pembelajaran Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme). Journal of Elementary Education, 04(01), 89–95. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/viewFile/4794/2167

Syifa, A. N. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/89415/

Yani, K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Realistik Mathematic Education (Rme) Dengan Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/17493/