PENGARUH MODEL KNOW WANT LEARNED (KWL) DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA INGGRIS

Isi Artikel Utama

K.R. Purnami
I.G.W. Sudatha
K. Agustini

Abstrak

Saat ini pembelajaran di sekolah masih didominasi guru sebagai pusat utama ilmu pengetahuan di dalam kelas. Model pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan kurang inovatif yang mengakibatkan siswa menjadi pasif dan mudah bosan saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model Know Want Learned (KWL) dengan strategi Flipped Classroom  terhadap keterampilan membaca dan keterampilan menulis bahasa inggris. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Data keterampilan membaca dikumpulkan dengan tes pilihan ganda, sedangkan data keterampilan menulis dikumpulkan dengan tes kinerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan MANCOVA. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan keterampilan membaca dan menulis bahasa inggris secara bersama – sama antara siswa yang belajar dengan model Know Want Learned (KWL) dengan strategi Flipped Classroom dan siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Flipped Classroom. Nilai yang diperoleh oleh siswa yang mengikuti model model Know Want Learned (KWL) dengan strategi Flipped Classroom lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Flipped Classroom; (2) terdapat perbedaan keterampilan membaca bahasa inggris antara siswa yang mengikuti model Know Want Learned (KWL) dengan Strategi Flipped Classroom dan siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Flipped Classroom; (3) terdapat perbedaan keterampilan menulis bahasa inggris antara siswa yang mengikuti model Know Want Learned (KWL) dengan strategi Flipped Classroom dan siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Flipped Classroom.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustini, K., Santyasa, I. W., & Ratminingsih, N. M. (2019). Analysis of Competence on “tpack”: 21st Century Teacher Professional Development. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012035

Apriliana, A. C. (2022). the Effect of Drta and Kwl Strategies on Students’ Reading Comprehension Skills in Terms of Their Reading Interest. PrimaryEdu : Journal of Primary Education, 6(1), 14. https://doi.org/10.22460/pej.v6i1.2964

Arini, N. W., Fatayan, A., Pranata, K., & Bachrudin, A. (2022). Efektifitas Metode Critical Thinking dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan ( MMP ). 6(5), 4705–4712. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2784

Arta, G. J., Ratminingsih, N. M., & Hery Santosa, M. (2019). The Effectiveness Of Blended Learning Strategy On Students’ Writing Competency Of The Tenth Grade Students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 29. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.13501

Chabibie, M. H. (2020). Panduan penerapan model pembelajaran inovatif dalam bdr yang memanfaatkan rumah belajar. Rumah Belajar Kemendibud, 1–63.

Djiwandono, P. I. (2022). The Effect of Blended Learning on Reading Abilities, Vocabulary Mastery, and Collaboration among University Students. The New English Teacher, 12(1), 23–23. http://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/newEnglishTeacher/article/view/2927

Fitriana, F., Karma, I. N., & Setiawan, H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Strategi KWL (Know, Want, Learned) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas Tinggi Sekolag Dasar. Progress Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.96

Fradisa, L. Primal, D. Gustira, L. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Jdaitawi, M. (2019). The Effect of Flipped Classroom Strategy on Students Learning Outcomes, International Journal of Instruction. International Journal of Instruction, 12(3), 665–680. https://eric.ed.gov/?id=EJ1220207#?accno=EJ1220207

Jewaru, M. E., Simpen, I. W., & Dhanawaty, N. M. (2020). Penerapan Strategi Kwl ( Know , Want To Know , Learned ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Viii Smp Bali Star Academy. 4743, 57–63. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/24552/14878

Komaladewi, & Rodiyana. (2020). Menulis Karangan Narasi Dengan Model Know, Want, Learned Di Sekolah Dasar. … Seminar Nasional Pendidikan, 331–339. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/338
Muthalib, L. M. (2021). The Use of KWL ( Know – Want to Know – Learned ) Strategy for Reading Comprehension in Blended Learning. 4(6), 373–378. https://www.ijassjournal.com/2021/V4I6/414659861.pdf

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242–7249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457

Suhaimi. (2020). The influence of kwl strategy on students’ reading comprehension. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 4622–4628. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3830286

Ugyen, P. (2022). The flipped classroom model: effects on students’ reading comprehension in english text. I-Manager’s Journal on School Educational Technology, 17(3), 34. https://doi.org/10.26634/jsch.17.3.18575

Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom ( FC ) terhadap Hasil Belajar. Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 71–77. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/download/10546/6561/28764

Widyari, N. K. R., Ratminingsih, N. M., & Saputra, I. N. P. H. (2022). Teaching Reading with KWL Strategy during Online Learning. Journal of Educational Study, 2(2), 177–186. https://doi.org/10.36663/joes.v2i2.350

Wirawan,K., Suharsono, N., & Kirna,I.M. (2018). Pengaruh Model Know Want Learned (KWL) Terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Abang. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2249

Yuliantari, K. T., Putrayasa, I. B., & Sudiana, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Strategi Kwl (Know, Want, and Learn) Terhadap Minat Membaca Dan Kemampuan Efektif Membaca Siswa Kelas Iv Di Gugus Viii Kecamatan Sawan. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 65–77. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i2.268

Zubaidah, Nopita, D., & Elfiza, R. (2021). the Effect of Kwl Strategy on Student’S Writing Skill At Sman 5 Tanjungpinang. Student Online Journal, 2(1), 315–320. https://soj.umrah.ac.id/index.php/SOJFKIP/article/view/915