PENGARUH SELF REGULATED E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar dan kemandirian belajar antara siswa yang belajar dengan Self Regulated E-learning dan Direct E-learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan non equivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pariwisata Budaya Tahun Pelajaran 2021/2021, yang terdiri atas tiga kelas (89 siswa). Sampel penelitian ini adalah dua kelas (59 siswa) yang ditetapkan menggunakan teknik simple random sampling, yang selanjutnya ditetapkan pula secara random untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data prestasi belajar dan kemandirian belajar dikumpulkan dengan tes essay. Analisis data menggunakan ujistatistik Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) satu jalur. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan prestasi belajar dan kemandirian belajar secara bersama – sama antara siswa yang belajar dengan self regulated e-learning dan direct e-learning (F = 2,234 ; p = 0,124 > 0,05); (2) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan self regulated e-learning dan direct e-learning (F = 0,010; p = 0,921 > 0,05); (3) terdapat perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang belajar dengan self regulated e-learning dan direct e-learning (F = 4,317; p = 0,046> 0,05). Model Self regulated e-learning berpengaruh lebih besar dibandingkan model direct e-learning terhadap prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa kelas X SMK.
Article Details
References
Akbar, R.F. (2014). Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Kab. Kudus. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(1), 225-243. https://doi.org/10.18326/infsl3.v8i1.225-243
Aryaningrum, K. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis web (e-learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMA Negeri 9 Palembang. Media Penelitian Indonesia, 10(2), 154-162. https://doi.org/10.26877/mpp.v10i2.1517.
Benita, M., Roth, G., & Deci. E. (2013). When are mastery goals more adaptive it depends on experiences of autonomy support and autonomy. Journal of Educational Psychology, 106, 258-267. https://doi.org/10.1037/a0034007
Hadis, A. & Nurhayati, B. (2017).The implementation of e-learning model in science class to enhance learning achievment and learning motivation of students with physical disability. International Journal Of Environmental and Science Education, 12(8), 1945-1958. http://www.ijese.net/makale/1953.html
Stone, N. J. 2000. Exploring the relationship between calibration and self-regulated learning. Educational Psychology Review. 12(4). 437-475. http://dx.doi.org/10.1023/A:1009084430926
Winne, P. H. & Perry. N. E. (2000). Measuring SelfRegulated Learning.In P. Pintrich, M. Boekaerts, & M. Seidner (Eds.).Handbook of self-regulation. Orlando, FL: Academic Press
Zimmerman, B. J. (1989). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Journal of Educational Psychologist, 81(3), 329-339. http://dx.doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2
Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. 1990. Student differences in selfregulated learning: relating grade, sex, and giftedness to self-efficacy and strategy use. Journal of Educational Psychology, 82, 51–59. http://dx.doi.org/10.1037/0022-0663.82.1.51