PERSEPSI MAHASISWA TEKNIK TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI FLASH DALAM PERKULIAHAN KIMIA DASAR
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran merupakan penunjang kegiatan pengajaran agar efektif. Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini mendorong banyak bermunculan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, salah satunya Macromedia Flash. Kenyataan di lapangan menunjukan rata-rata nilai ujian akhir semester kimia dasar FT Unes secara klasikal masih rendah yaitu 65 dengan persentase mahasiswa yang lulus 42,85% dan yang tidak lulus 57,15%. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian menggunakan media Flash sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa teknik terhadap penggunaan media animasi flash dalam perkuliahan kimia dasar. Jenis penelitian ini deksriptif kuantitatif dengan sampel penelitian adalah mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Kimia Dasar semester ganjil 2020/2021 berjumlah 80 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik nontes berupa kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa teknik yang menyatakan setuju media animasi flash dapat mempercepat pemahaman materi kimia dasar sebanyak 56,25% sedangkan 43,75% tidak setuju, mahasiswa teknik yang menyatakan setuju media animasi flash dapat menuntun untuk memecahkan masalah berdasarkan konsep kimia dasar sebanyak 60% sedangkan 40% tidak setuju, mahasiswa teknik yang menyatakan setuju media animasi flash menarik untuk digunakan dalam perkuliahan kimia dasar sebanyak 75% sedangkan 25% tidak setuju, mahasiswa teknik yang menyatakan setuju media animasi flash dapat memudahkan pemahaman konsep yang abstrak dalam perkuliahan kimia dasar sebanyak 68,75% sedangkan 31,25% tidak setuju, serta mahasiswa teknik yang menyatakan setuju media animasi flash dapat meningkatkan motivasi perkuliahan kimia dasar sebanyak 62,50% sedangkan 37,50% tidak setuju. Diharapkan penggunaan animasi flash dalam kegiatan pembelajaran semakin efektif kedepannya.
Article Details
References
Aksoy, G. (2012). The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course. Journal of Creative Education, 3(3), 304–308. https://doi.org/10.4236/ce.2012.33048
Asmawati, A., & Dalming, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Flash Asam Basa Dengan Metode Hannafin dan Peck. Quantum, 10(2), 104–112.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Chan, F., Septianingsih, R., & Perdana, R. (2019). Multimedia Innovation 4 . 0 in Education : E-Modul Ethnoconstructivism. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2098–2107. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007
Astiningsih, A. D., & Partana, C. F. (2020). Using Android Media for Chemistry Learning Construction of Motivation and Metacognition Ability. International Journal of Instruction, 13(1), 279–294.
Badlisyah, T., & Maghfirah, M. (2017). Penggunaan Macromedia Flash Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Darussalam. Lantanida Journal, 5(1).
Castro, C., & Andrade, A. (2011). Teaching Chemistry in a Social Learning Environment: Facing Drivers and Barriers. Proceeding of ICERI, (November), 3377–3385.
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019a). Deskripsi Efektivitas Kegiatan Praktikum Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Edu Sains : Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 51–60.
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019b). Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196–204.
Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020). Tinjauan Kontribusi Google Classroom Dalam Mendukung Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 32–39.
Ezeano, A., & Ezeudu, F. (2013). Application of Laboratory Management Skills by Chemistry Teachers in Enugu State. Journal of Education and Practice, 4(18), 159–165.
Gusta, W., Christina, D., & Zakirman, Z. (2020). Improved Student Collaboration Skills On English Learning Using Jigsaw Models. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 1051–1056.
Hartiti, R. (2013). Penerapan Media Animasi Flash Dalam Pembelajaran Motif Batik Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Menganti. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 47–55.
Kittidachanupap, N., Singthongchai, J., & Naenudorn, E. (2012). Development of animation media for learning English vocabulary for children. International Conference of Electronicals Learning, (May). https://doi.org/10.1109/CSAE.2012.6272788
Kusumasari, F. C., & Liandi, A. R. (2018). The Existence of Animation in Learning Video . Does it Affect Students ’ Academic Achievement ? The Second International Conference on Informatics for Development 2018, 123–126.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35.
O.I, I., & N.N.C, S. (2017). Effect of Computer Animation on Chemistry Academic Achievement of Secondary School Students in Anambra State , Nigeria. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies (JETERAPS), 8(2), 98–102.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rosda.
Putri, S. D., Ulhusna, M., Zakirman, Z., & Gusta, W. (2020). Improvement of Student Science Literacy Skills Through Edmodo- Based Teaching Materials in Learning Science in Elementary School. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4649–4652.
Rahayu, C., & Eliyarti, E. (2019). Implementation of Physics Learning Materials Based Generative Learning With Open-Ended Problem Approach To Stimulate Critical Thinking Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(2), 99. https://doi.org/10.26737/jipf.v4i2.1096
Satriaji, ari kunto. (2018). Implementasi Media Animasi Macroedia Flash Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Jurnal Pendidikan Bahasa Jerman, 1–10.
Sugiharti, G., & Ananda, W. R. (2021). The Effect of Instruction Model Using Media and Motivation on Chemical Learning Results ( Study of The Effect of Instruction Models Using Media and Motivation in Learning ). Journal of Physics: Conference Series, 1940, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012116
Yuliati, Y., Saputra, D. S., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2019). The Application Of Guided Inquiry Model Helpful Macromedia Flash In Increasing Understanding In Natural Science Learning For Fifth Grader Of Primary School. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 2574–2576.
Zakirman, & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp Sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi Akademik Mahasiswa. Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27–38. https://doi.org/10.15548/shaut.v10i1.7
Zakirman, Z. (2017). Pengelompokan Gaya Belajar Mahasiswa Menurut Teori Honey Mumford Berdasarkan Intensitas Kunjungan Pustaka. RISTEKDIK, 4(1), 1–6.
Zakirman, Z. (2019). Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Play-Think-Pair-Share di SDN 19 Nan Sabaris. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 11(1), 41–51. https://doi.org/10.15548/shaut.v11i1.162
Zakirman, Z., Lufri, L., Khairani, K., & Rahayu, C. (2020). Implementation of The Play-Think-Pair-Share (PTPS) Learning Model for Elementary School Students to Master Part of Top Skill 2020. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4643–4648.
Zulfiani, Z., Suwarna, I. P., & Miranto, S. (2010). Science education adaptive computer-based science learning with learning style variations. Journal of Baltic Science Education, 17(4), 711–728.