PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL FLIPPED LEARNING PADA MATA KULIAH STATISTIKA
Main Article Content
Abstract
Di masa pendemi COVID-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan pembelajaran daring. Hal ini tentunya, banyak menimbulkan permasalahan di perguruan tinggi, salah satunya adalah terjadi penurunan target kompetensi yang diharapkan disebabkan penerapan metode pembelajaran daring yang monoton. Guna mengatasi permasalahan tersebut, peneliti sebagai dosen mencoba menerapkan model pembelajaran inovatif flipped learning dalam pembelajaran daring mata kuliah statistika. Terpilihnya mata kuliah ini sebagai objek penelitian, karena sering digunakan dalam penyelesaian skripsi mahasiswa terutama dalam penentuan populasi dan sampel saat penyebaran kuesioner, materi yang cukup abstrak karena harus didukung dengan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari , dan rencana pelaksanaan pembelajaran belum menyesuaikan dengan sistem pembelajaran secara daring. Namun, untuk mendukung pelaksanaan metode pembelajaran khususnya lipped learning, dibutuhkan suatu perangkat pembelajaran khusus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran lipped learning pada mata kuliah statistika dengan menggunakan model ADDIE. Perangkat pembelajaran dengan model flipped learning telah berhasil dikembangkan, dan valid berdasarkan pengujian para ahli.
Article Details
References
Beheshti, M., Taspolat, A., Kaya, O. S., & Sapanca, H. F. (2018). Charateristics of Educational Videos. World Journal on Educational Technology, 10(1), 61–69. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1170366.pdf
Brown, L. (2021). Benefits for Teacher Using Video in the Classroom. Retrieved September 3, 2021, from https://filmora.wondershare.com/video-editing-tips/benefits-for-using-video-in-classroom.html
Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572
Galuh Asprilia Fadhilah. (2020). The role of the learning environment in addressing online learning in the Covid-19 era. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(02), 106–116. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.772
H. Gani Ali. (2014). Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta didik. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 31–42.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Hastuti, W. D. (2020). Membangun Motivasi dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Flipped Classroom di Masa New Normal Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG, (September), 181–192.
Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2021). How Flipped Classroom Helps the Learning in the Times of Covid-19 Era ? Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(July 2020), 151–158.
Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38. Retrieved from http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20
Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE model. Ijar.
Nasir Mustafa. (2020). Impact of the 2019 – 20 coronavirus pandemic on education. International Journal of Health Preferences Research, 1–36.
Nouri, J. (2016). The flipped classroom: for active, effective and increased learning – especially for low achievers. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 13(1), 13–33. https://doi.org/10.1186/s41239-016-0032-z
Rando, A. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p1-12
Smeets, D. J. H., & Bus, A. G. (2015). The interactive animated e-book as a word learning device for kindergartners. Applied Psycholinguistics. https://doi.org/10.1017/S0142716413000556
Tang, T., Abuhmaid, A. M., Olaimat, M., Oudat, D. M., Aldhaeebi, M., & Bamanger, E. (2020). Efficiency of flipped classroom with online-based teaching under COVID-19. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–12. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1817761
Yen, T.-F. (2020). The Performance of Online Teaching for Flipped Classroom Based on COVID-19 Aspect. Asian Journal of Education and Social Studies, 8(3), 57–64. https://doi.org/10.9734/AJESS/2020/v8i330229