IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATA KULIAH SENSOR TRANDUSER DALAM PEMBELAJARAN DARING

Main Article Content

A.A.G. Ekayana
I.D.M.K. Muku
I.N.B. Hartawan

Abstract

Masa pandemi Covid-19 telah merubah proses pembelajaran yang dahulunya tatap muka di dalam kelas berganti pembelajaran daring. Pada pembelajaran daring diperlukan strategi dalam penyampaian materi pembelajaran, agar dapat diterima secara optimal kepada peserta didik. Flipped classroom salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan penyampaian materi selama proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran daring yang dikolaborasikan dengan taksonomi bloom, agar tercapainya tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan merupakan implementasi dari model flipped classroom dan penyebaran kuesioner sebagai pengumpulan data hasil implementasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu adanya tanggapan yang positif dari peserta didik dalam implementasi pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran flipped classroom, peserta didik diberikan petunjuk dan arahan dalam penerapan model flipped classroom dari persiapan di luar kelas hingga di dalam kelas. Kebiasaan baru yang peserta didik terapkan selama penerapan flipped classroom adalah mempersiapan bahan diskusi, sehingga saat sesi live session suasana dalam pembelajaran daring menjadi lebih dinamis dengan adanya pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik, pada penerapan model flipped classroom dikolaborasikan dengan tingkatan ranah pengetahuan taksonomi bloom (C1-C6), sehingga terbentuknya proses pembelajaan yang terstruktur sehingga mendukung tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada rencana pembelajaran semester. Hasil sebaran kuesioner juga menunjukkan lebih dari 50% menyatakan baik dan setuju, jika model pembelajaran flipped classroom diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Abedi, P., Keshmirshekan, M. H., & Namaziandost, E. (2019). The Comparative Effect of Flipped Classroom Instruction versus Traditional Instruction on Iranian Intermediate EFL Learners’ English Composition Writing Task-based language teaching and speaking skill View project Implementing the E-portfolio assessment p. Journal of Apllied Linguistics and Language Research, 6(4), 43–56. https://www.researchgate.net/publication/335636035
Asra, A., Asrizal, Lufri, Imran, A., & Hardeli. (2021). Model Blended Learning Pada Pembelajaran Di Era Revolusi. 4, 28–41.
Bukit, I. K., & Basuki, I. (2021). Analisis Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Arduino Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(1), 35–39.
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Ekayana, A. A. G., & Rakasiwi, A. A. R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Internet of Things. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 159. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i2.17594
Farida, R., Alba, A., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran (JDPP), 7(2). https://www.researchgate.net/publication/335636035
Goedhart, N. S., Blignaut-van Westrhenen, N., Moser, C., & Zweekhorst, M. B. M. (2019). The flipped classroom: supporting a diverse group of students in their learning. Learning Environments Research, 22(2), 297–310. https://doi.org/10.1007/s10984-019-09281-2
Hamid, A., & Effendi, H. (2019). Flipped Classroom sebagai Alternatif Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, V(1), 81–86.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19).
Kemendikbud RI. (2020). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) (No. 2).
Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35(May 2020), 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012
Magdalena, I., & Nadya, R. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Di Masa Pendemi Covid 19 Dengan Blended Learning. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 401–409.
Mahyoob, M. (2020). Challenges of e-Learning during the COVID-19 Pandemic Experienced by EFL Learners. Arab World English Journal, 11(4), 351–362. https://doi.org/10.24093/awej/vol11no4.23
Maqbulin, A. (2021). Problems With Online Learning During the Corona Pandemic in the Perception of Students. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 1–13.
Marina, H., & Ridlo, S. (2021). The Effectiveness of Flipped Classroom to Improve Students ’ Understanding and Self Efficacy during the Covid-19 Pandemic Concept. 10(1), 70–76.
Prestiadi, D., & Nurabadi, A. (2021). Pengembangan Video Bahan Ajar Sipejar Pada Perkuliahan Blended Learning Supervisi Pengajaran Melalui Model Pembelajaran Problem Based Role Playing ( PBRP ). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 72–87.
Qalbi, Z., & Saparahayuningsih, S. (2021). Penggunaan Blended-Problem Based Learning di Masa Covid-19 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Kreativitas dan Keberbakatan. 8, 1–11.
Sengkey, D. F., Sambul, A. M., & Paturusi, S. D. E. (2019). Penilaian Mahasiswa terhadap Jenis Media Pembelajaran dalam Penerapan Flipped Classroom. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 8(2), 103–110. https://doi.org/10.35793/JTEK.8.2.2019.25029
Tang, T., Abuhmaid, A. M., Olaimat, M., Oudat, D. M., Aldhaeebi, M., & Bamanger, E. (2020). Efficiency of flipped classroom with online-based teaching under COVID-19. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–12. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1817761
Wahyudin, A. (2020). Model Pembelajaranbleended Learning (Model Flipped Classroom) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ips Pada Masa Pandemi Covid19. Journal: Sudut Pandang, 1(1), 1–23. http://thejournalish.com/ojs/index.php/sudutpandang/article/view/53
Yen, T.-F. (2020). The Performance of Online Teaching for Flipped Classroom Based on COVID-19 Aspect. Asian Journal of Education and Social Studies, 8(3), 57–64. https://doi.org/10.9734/AJESS/2020/v8i330229
Yuniarsih, Y., Hapsari, E. K., & Zakaria, M. (2020). Blended Learning Approach Using Flipped Classroom Model on Kaiwa III. Jurnal Kata, 1, 28. https://doi.org/10.22216/kata.v1i0.5064
Yurniwati, Y., & Utomo, E. (2020). Problem-based learning flipped classroom design for developing higher-order thinking skills during the COVID-19 pandemic in geometry domain. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012057