PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

S.H. Wijaya
I.M. Tegeh
I.K.Suartama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas hasil validasi media video pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli isi, desain, media, uji perorangan dan kelompok kecil.  Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara dan tes objektif. Hasil penelitiannya sebagai berikut (1) Rancang bangun media video pembelajaran dibuat dalam naskah video. Naskah ini diwujudkan menjadi media video pembelajaran melalui tahapan pengembangan ADDIE. (2) Hasil validitas media video pembelajaran berdasarkan penilaian ahli isi yaitu 88%% dengan kualifikasi baik, ahli desain pembelajaran, diperoleh persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik, penilaian ahli media pembelajaran, diperoleh persentase 85% dengan kualifikasi baik. Persentase yang diperoleh dari hasil uji perorangan yaitu 97,14% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji kelompok kecil diperoleh 99.04% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian media video pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah agar guru memanfaatkan media video pembelajaran yang dikembangkan dalam proses pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mengunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403

Akbar, S., A’yun, I. Q., Satriani, F. Y., Widodo, W., Paranimmita, R., & Ferisa, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya.

Anzelina, D., & Purba, S. V. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Di Kelas IV SD Swasta St. Antonius V Medan. Prosiding Seminar Nasional l Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 752–761. http://digilib.unimed.ac.id/39414/1/18.-Dewi.pdf

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Bavaharji, M., Alavi, Z. K., & Letchumanan, K. (2014). Captioned Instructional Video: Effects on Content Comprehension, Vocabulary Acquition and Language Proficiency. Canadian Center of Science and Education, 7(5), 1–16. https://doi.org/10.5539/elt.v7n5pl

Berk, R. A. (2009). Multimedia teaching with video clips: TV, movies, YouTube, and mtvU in the college classroom. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 5(1), 1–21.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa di Min Kroya Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

CNN Indonesia. (2020). Kemendikbud Buat Skenario Belajar di Rumah Sampai Akhir 2020. https;//www.cnnindonesia.com/nasional/20200424114337-20-496861/kemendikbud-buat-skenario-belajar-di-rumah-sampai-akhir-2020

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Pengunaan E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Irfan, A. (2016). Perbedaan Media Audio Visual dan bukan Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 24(1), 1–8.

Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Kurniawati, A., Isnaeni, W., & N.R. Dewi. (2013). Implementasi Metode Penugasan Analisis Video pada Materi Perkembangan Kognitif, Sosial, dan Moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 149–155. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile / 118/115.

Moore, W. A., & Smith, A. R. (2012). Effects of Video Podcasting on Psychomotor and Cognitive Performance, Attitudes, and Study Behavior of Student Physical Therapist. Innovations in Education and Teaching International, 49(4), 401–414. https://doi.org/10.1080/14703297.2012.728876

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1–8. Jurnal.umj.ac.id/indeks.php/semnaslit

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Aksioma, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95

Putri, N. M. L. K., Parmiti, D. P., & Sudarma, K. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V di SDLB-B Negeri I Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal EDUTECH, 7(2), 81–91. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23162

Salim, K., & Tiawa, D. H. (2014). Development of Media Based Learning Animation for Matematics Courses in Electrical Engineering. Internatonal Journal of Advanced Reasearch in Computer and Comunication Engineering, 3(10), 8332–8336. https://doi.org/10.17148/IJARCCE.2014.31056

Sarnoko, Ruminiati, & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD N I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidika: Teori Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524

Sudarma, I. K., Tegeh, I. M., & Prabawa, D. G. A. P. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Text dan Image. Graha Ilmu.

Sudatha, Wawan, I. G., & Tegeh, I. M. (2015). Desain Muktimedia Pembelajaran. Media Akademi.

Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Memotivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588

Sungkono. (2012). Pengengbangan Instrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, 2, 1–16.

Suryansah, T., & Suwarjo. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kongnitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 413–424. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Manfaat Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tegeh, M., & Jampel, N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Penddikan Ganesha.

Wahyudi, N. G. (2019). Desain Pesan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Manjemen Pendidikan, 3(1), 104–135. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v.3i1.224

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. Jurnal LP3M, 3(2), 153–160.