META ANALISIS PENGARUH PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Banyaknya studi individu tentang pengaruh model project based e-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan hasil yang beragam sehingga perlu dieksplorasi untuk menentukan efektivitas dan menggali karakteristik penelitian dalam variasi hasil studi individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based e-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kriteria inklusi dan eksklusi telah ditetapkan, terpilih sebanyak lima belas kajian yang relevan untuk dipelajari lebih lanjut mengenai model project based e-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian meta analisis yang menganalisis artikel ilmiah nasional maupun internasional dengan media digital platform scimagojr, google scholar, mendeley, web of science, sinta ristekdikti, scopus. Adapun tahap-tahap penelitian meta analisis terdiri dari pencarian dan pengambilan artikel, pemfilteran dan penyortiran dan analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian meta analisis adalah lembar pencatatan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari lima belas kajian penelitian yang relevan yang telah diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan dihitung dengan menggunakan meta analisis untuk mengetahui effect size. Analisis hasil-hasil penelitian dilakukan secara keseluruhan, berdasarkan jenjang pendidikan, varibel terikat, variabel bebas, kelompok keilmuwan dan desain penelitian. Dari analisis yang dilakukan penggunaan model project based e-learning berpengaruh besar terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen. Hal ini membuktikan model project based e-learning sangat efektif, dengan rata-rata effect size secara keseluruhan, yaitu 0,632 dengan simpangan baku sebesar 0,795 yang dikategorikan besar. Sehingga model pembelajaran project based e-learning sangat efektif diterapkan pada permasalahan yang kompleks untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hasil efektivitas model project based e-learning tersebut menjadi rekomendasi pengajar dalam memilah penggunaan model pembelajaran inovatif.
Rincian Artikel
Referensi
Abuhmaid, A. M. (2020). The efficiency of online learning environment for implementing project-based learning: Students’ perceptions. International Journal of Higher Education, 9(5), 76-83. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n5p76
Al-Abdullatif, A. M., & Gameil, A. A. (2021). The Effect of Digital Technology Integration on Students’ Academic Performance through Project-Based Learning in an E-Learning Environment. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(11), 189-210. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i11.19421
Amiti, F. (2020). Synchronous and Asynchronous E-Learning. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2), 60-70. https://doi.org/10.46827/ejoe.v5i2.3313
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408-416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Fauziah, C., Taufiqullah, & Hanung, S. (2020). Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19. Pancasakti Science Education Journal, 5(2), 38-48. https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.46
Hasyim, M., & Eldiana, N. F. (2020). Eksperimentasi model PBL dan PjBL berbasis schoology terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-efficacy. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 6(2), 87-92. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1751
Kadir, K. (2017). Meta-Analysis Of The Effect Of Learning Intervention Toward Mathematical Thinking On Research And Publication Of Student. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4(2), 162-175. https://doi.org/10.15408/tjems.v4i2.8010
Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311-318. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1199
Muwahiddah, U., & Asikin, M. (2019). Project Based Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri. Matematika Ahmad Dahlan, 6, 157-164 http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1070
Ningsih, S. C., & Pramaeda, T. D. O. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan E-Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 116-130. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5576
Nugraha, H. D., Poniman, D., Kencanasari, R. A. V., Maosul, A., & Rusydi, M. I. (2020). Meta-Analisis Model Pembelajaran Vokasi dalam Kondisi Covid-19. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(2), 83–94. https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i2.34779
Nugroho, K. D., & Prihanto, Y. P. (2021). Problem Solving in the Limitations of the Implementation of Online-Based Emergency Nursing Clinical Practice: A Phenomenological Case Study. International Journal of Nursing Education, 13(3), 63-69. https://doi.org/10.37506/ijone.v13i3.16312
Ratnawati, D., Izar, S., Faza, M. A., & Pekalongan, U. (2018). Matematis Dengan Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Siswa SMP. Job Outlook Mencari Atribut Ideal Luluusan Perguruan Tinggi, 100–108. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/job/article/view/179
Rotherham, A. J., & Willingham, D. (2009). 21st century skills: The challenges ahead. Educational Leadership, 67(1).
Rusydan, F., & Sujatmiko, B. (2020). Studi Literatur Efek Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keahlian Pemecahan Masalah Pada Peserta Didik Rekayasa Perangkat Lunak Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal IT-EDU, 6(1), 755-762 . https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/42528
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335-346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539
Safitri, N. A., & Adistana, G. (2021). Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4021-4031. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1503
Samani, M., Sunwinarti, S., Putra, B. A. W., Rahmadian, R., & Rohman, J. N. (2019). Learning Strategy to Develop Critical Thinking, Creativity, and Problem-Solving Skills for Vocational School Students. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 25(1), 36-42. https://doi.org/10.21831/jptk.v25i1.22574
Serin, H. (2019). Project based learning in mathematics context. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(3) 232-236. http://dx.doi.org/10.23918/ijsses.v5i3p232
Sudarman, S., Sartika, S., Sugiharta, I., & Farida, F. (2021). Pengaruh E-Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2133–2140. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.625
Suriyanto, F. N., & Wulandari, S. S. (2021). Analysis of the Effectiveness of Online Learning With Pjbl Model in Correspondence Subjects. Paedagoria: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356, 106–114. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/4038
Tela, T., Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. BIORMATIKA : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(01), 114-123. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.464
Tosheva, S., & Martinovska, C. (2012). Adaptive E-learning System in Secondary Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 7(S1), 36-41. https://doi.org/10.3991/ijet.v7is1.1913
Yamsih, S. (2021). Implementasi Project Based Learning (Improbasle) Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan, 30(2), 219-224. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1377