TANTANGAN DAN STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK SENIOR DALAM IMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Main Article Content

Ni Komang Ayu Trianita Adiningsih
I Made Yudana
I Wayan Landrawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak SMA Negeri 3 Siangaraja, (2). Tantangan dari Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak SMA Negeri 3 Singaraja, serta (3) Evaluasi dan strategi impelementasi kurikulum merdeka oleh tenaga pendidik senior di sekolah penggerak SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mnggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak SMA Negeri 3 Singaraja, mengacu pada profil pelajar pancasila dengan pembelajaran berbasis digitalisasi. Guru sebagai pendidik hanya perlu bersikap flaksibel dalam mengajar siswanya serta diharapkan dapat lebih memahami minat dan bakat yang dikuasai oleh siswa. Karena pada impelemntasi kurikulum merdeka siswa diberikan kebebasan dalam hal mengekspresikan kemampuan minat serta bakatnya sendiri. (2). Terdapat tantangan yang dihadapi oleh tenaga pendidik, pendidik senior di SMA Negeri 3 Singaraja dalam implementasi kurikulum merdeka, yaitu dari segi pemanfaatan teknologi dalam proses pendidikan, baik itu tantangan dalam pembuatan perencanaan pembelajaran yang berbasis digital, berupa CP (capaian pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), Modul Ajar, termasuk juga pengguanaan aplikasi pembelajaran. Mengingat kurikulum merdeka dan program sekolah penggerak sendiri memang menuntut proses pembelajaran berbasis digitalisasi. (3). Dalam menghadapi tantangan yang dialami oleh tenaga pendidik senior dalam implementasi kurikulum merdeka, semua warga sekolah, tidak hanya guru saja, tentu harus mengambil peran dalam menghadapi tantangan tersebut, guna dapat membantu tenaga pendidik senior dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki berkaitan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Article Details

How to Cite
Adiningsih, N. K. A. T., Yudana, I. M., & Landrawan, I. W. (2024). TANTANGAN DAN STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK SENIOR DALAM IMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Ganesha Civic Education Journal, 6(2), 86-94. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/4980
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)