PENERAPAN MODEL LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DAN COLLABORATION PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMK NEGERI 2 TABANAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan critical thinking peserta didik setelah dilaksanakan model lesson study di SMK Negeri 2 Tabanan, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan colaboration peserta didik setelah dilaksanakan model lesson study di SMK Negeri 2 Tabanan, dan (3) Mengatahui hambatan yang dialami dalam melaksanakan model lesson study di SMK Negeri 2 Tabanan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Lokasi penelitian ini bertempat di SMK Negeri 2 Tabanan, Kecamatan Marga, Provinsi Bali. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas X SMK Negeri 2 Tabanan dan objek penelitian yakni 86 peserta didik yang terdiri dari kelas X Jasa Boga 5 yang berjumlah 42 peserta didik dan kelas X Akuntansi yang berjumlah 44 peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi “Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa”. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Terjadi peningkatan kemampuan critical thinking pada peserta didik setelah dilaksanakan model lesson study dibandingkan dengan pertemuan pada open class pertama, (2) Terjadi peningkatkan kemampuan collaboration peserta didik secara signifikan setelah dilaksanakan model lesson study dibandingkan dengan pertemuan pada saat open class yang pertama, dan (3) Hambatan yang dialami penulis yakni dalam hal sarana dan prasarana yakni tidak semua peserta didik mempunyai akses jaringan ke internet serta penulis juga mengalami sedikit kendala dalam hal pengamatan di kelas karena kelas yang diteliti tergolong kelas “gemuk” yang terdiri lebih dari 40 peserta didik.