Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 2 Cibal (Studi Kasus Di Sma Negeri 2 Cibal Kec. Cibal Barat Kab. Manggarai)

Main Article Content

Ledwina Ajung
I Negah Suastika
Dewa Bagus Sanjaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa pada saat pandemic covid-19, dalam hal ini penelitian ini mengunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa/siswi kelas X di SMA Negeri 2 Cibal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data ini selanjutnya dianalisis secara  deskripsi kualitatif. Tujuan penelitia ini untuk mengetahui (1) Bagaiman peran guru di SMA Negeri 2 Cibal dalam meningkatkan motivasi, ( 2) Kegitan apa saja yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan otivasi belajar pada masa pandemi covid 19, (3)  Masalah apa yang dihadapi guru di SMA Negeri 2 Cibal pada masa pandemic covid 19.  Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pada masa pandemi covid 19 di SMA Negeri 2 Cibal pembelajaran dilakukan dari rumah yaitu daring, motivasi guru dalam hal ini sangat penting, bukan hanya guru saja yang memberikan motivasi tapi orang tua dan lingkungan sekitar juga sangat dibutuhkan, (2) Kegiatan yang dilakukan oleh guru pada masa pandemic covid untuk memberikan motivasi pada siswa yaitu degan mengadakan pertemuan setiap hari lewat daring, (3) Masalah yang dihadapi oleh guru dan siswa di SMA Negeri 2 Cibal yaitu yang pertama,  jaringan internet yang kurang bersahabat, kedua kouata internet dan arus HP dikarena sampai saat ini di SMA ini belum masuk PLN.

Article Details

How to Cite
Ledwina Ajung, I Negah Suastika, & Dewa Bagus Sanjaya. (2022). Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 2 Cibal (Studi Kasus Di Sma Negeri 2 Cibal Kec. Cibal Barat Kab. Manggarai). Ganesha Civic Education Journal, 4(1), 9-15. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/1303
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>